Pages

JALMA MARA , JALMA MATI

Jagat iki ana, ana kang jaga !” aku isih eling marang kandhamu, tatkalane lemah dadi kawahing antarane suroboyo medion banjur krasa ana kang gosong ing batin batin panguripku, ngegirisi marang daya lantipkukaya gosonge areng klapa kang wus ilang wawakaya jasad kang limpad kelangan nyawa... .

KU INGIN BERSAMAMU

Aku ingin bersamamu tiap pagi meskipun aku tak pernah tahu dimana kamu Aku ingin bersamamu hingga senja datang meskipun ternyata malam telah larut.. Untuk bersamamu aku ingin kan semua.. Kepingan demi kepingan hati yang kau bawa serta bersamamu

Aku ingin pulang

Aku ingin pulang bersama kehidupan bersama bidadari surgawi berparas segar lalu menyaksikan lagi burung-burung dengan guraunya merangkai sarang bagi rumah aku ingin pulang ke rumah hatiku sebab seruan hidup di pintunya dimana pagarnya kembang lihatlah kupu-kupunya

PENANTIANKU

Sepoi angin menembus badan menyusup disela-sela rambut hitamku deru ombak berhantam menerka seakan tau isi hatiku yang gundah Mengapa kau pergi jauh ke sana meninggalkan untaian kenangan manis membiarkan diriku terselimut sepi hampa sendiri tanpa bayangmu lagi Mengapa ini semua terjadi kau biarkan linangan air mataku terjatuh menangisi dirimu yang berkelana pergi menilnggalkanku seorang diri

LELAYARAN ING KATRESNAN

kamangka sliramu wis ngentirake gegayuhanku mbaka sithik tumekaning gisiklelayaran ing katresnan nyabrangi reribed sadhengah wayah wani nglangkahi telenging pepeteng tanpa maelu sakabehing gubrahyagene praumu durung miwiti anggone nglari nakodaning ati sawise kelakon nggayuh sunare pituduh madhangi katresnan iki tumekaning subuh .

Thursday, 8 March 2012

Cara Menyimpan Uang Kertas

Sebenarnya tidak ada perlakuan khusus untuk menyimpan uang kertas, yang penting adalah terlindung dari debu, air, panas dan cahaya. Setiap uang kertas dimasukkan ke dalam plastik pelindung yang kaku dan tidak mengandung asam sehingga uang tidak berubah warna dan tetap terlindung dalam jangka waktu yang lama.


Apalagi bila semua sisinya di segel (seal) dengan rapat maka dapat dipastikan uang tersebut akan lebih awet lagi. Ingat JANGAN PERNAH melaminating uang kertas !!! Semua uang kertas yang dilaminating akan menurunkan kualitas dan harganya hingga mencapai nilai yang sangat rendah.

Untuk melakukan seal dengan baik dapat di lihat pada video berikut ini:

http://www.notepassion.com/Articles/sealing-banknote.htm

Keempat sisi di segel/seal dengan alat pemanas
Plastik semacam ini sangat sulit ditemukan di negara kita, biasanya di jual di toko2 uang kuno di Singapore, merek yang terkenal adalah Lighthouse. Dijual dalam jumlah seratus lembar dengan ukuran bermacam2. Harga berkisar Rp.5000 s/d Rp. 10000 perlembarnya.
Tetapi bila kita tidak memiliki plastik semacam ini, kita juga bisa memasukkannya langsung ke folder yang disediakan khusus untuk uang kertas. Ada dua jenis folder yaitu yang berisi 3 lembar dan yang 2 lembar. Folder semacam ini mudah ditemukan di toko buku Gramedia ataupun di toko2 penjual uang kuno. Biasanya di jual per 5 lembar seharga Rp. 20.000 s/d Rp.25.000,-. Ada yang transparan sehingga kedua sisi uang bisa kelihatan, ada juga yang hitam sehingga hanya satu sisi saja yang kelihatan.
.
Folder isi 2
.
Folder isi 3
Setelah itu folder bisa dimasukkan ke dalam map/album yang bentuk dan warnanya beraneka macam. Ada yang terbuat dari karton tebal, plastik, dan ada pula yang dari kulit, semuanya mempunyai kotak pelindung. Harga album semacam ini juga bervariasi dari Rp.50.000,- sampai jutaan rupiah. Semakin antik tentu semakin mahal. Bila tidak mau yang khusus dapat dipergunakan map plastik yang tersedia di toko-toko buku.
.
Album terbuat dari karton tebal dapat memuat sekitar 30 lembar folder

Sebaiknya semua uang kertas yang kita beli langsung dimasukkan ke dalam plastik pelindung ataupun folder sehingga tidak terpapar dengan debu dan cahaya terlalu lama, setelah itu langsung masukkan ke dalam album. Kalau kita rajin boleh juga ditambahkan sedikit keterangan tentang uang tersebut, misalnya deskripsi uang, kualitas, tanggal pembelian, harga pembelian dan keterangan2 lain yang berhubungan, sehingga kita menjadi ingat kembali bila suatu saat kita membuka2 album tersebut.

Setiap uang yang telah kita beli harus kita rawat sebaik-baiknya, karena uang kuno semakin hari akan semakin langka sehingga mungkin saja barang yang kita beli dikemudian hari harganya akan menjadi berlipat-lipat. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah JANGAN sekali-kali memanipulasi atau merekondisi uang kertas, misalnya dengan cara menggosok atau menekannya untuk menghilangkan tekukan, atau mencucinya dengan cairan pembersih atau menambal lubang yang terdapat pada uang kertas, atau tindakan-tindakan lainnya sehingga membuat uang kertas seakan-akan menjadi lebih baik. Tindakan ini semua hanya akan merusak uang, dan menurunkan kualitasnya, apalagi jika kita menjualnya lagi tanpa memberitahukan tindakan yang telah kita lakukan kepada pembelinya. Berarti kita telah melakukan manipulasi atau penipuan terhadap si pembeli.

Maka dari itu telitilah sebelum membeli, perhatikan dengan seksama apakah uang tersebut telah direkondisi atau dimanipulasi, dan sebaiknya kita hanya membeli dari penjual yang bisa dipercaya serta berani memberikan garansi.

Sumber : http://www.uang-kuno.com/

Mengenal Uang Kuno Di Indonesia

1961 - 1964
Selama periode tahun 1961 s/d 1964 dicetak banyak sekali jenis uang kertas yang terdiri dari berbagai pecahan dari terkecil sampai terbesar. Hampir semua pecahan yang berasal dari periode ini mempunyai nilai jual yang rendah kecuali satu dua jenis yang mempunyai harga agak lumayan.

Seri sandang pangan 1961
Terdiri dari pecahan satu dan dua setengah rupiah.
Mempunyai gambar dan corak yang sama dengan terbitan 1960, sangat mudah ditemukan dan bernilai jual sekitar Rp. 500 s/d Rp.5000 perlembar.



Seri pekerja tangan 1963
Terdiri dari pecahan 10 rupiah, bergambar pemahat kayu yang mirip dengan emisi 1958. Berharga jual sekitar Rp. 1000 s/d Rp. 5000 perlembarnya.

Seri sukarelawan 1964
Terdiri dari pecahan 1, 5, 10, 25 dan 50 sen
Sangat mudah ditemukan dan mempunyai nilai jual terendah dari semua uang kertas Indonesia. Berharga jual sekitar Rp. 100 s/d Rp. 500 perlembarnya.


Seri pekerja tangan 1964

Terdiri dari pecahan 25, 50, 100 merah, 100 biru, 10000 merah, 10000 hijau dan 10000 rupiah garuda.
Pecahan 25 rupiah
Sangat mirip dengan emisi tahun 1958 tetapi berbeda tanda tangan dan tampak lambang burung garuda di sebelah kanan. Berharga jual sekitar Rp. 5000 perlembar UNC.


Pecahan 50 rupiah
Juga mempunyai corak yang mirip dengan emisi 1958 kecuali adanya gambar burung garuda di sisi kanan dan tanda tangan yang berbeda. Harga jual sekitar Rp. 5000 perlembar.


Pecahan 100 rupiah merah
Sangat mirip dengan emisi tahun 1958, tetapi pada emisi 1964 mempunyai tiga varisi nomor seri. Yaitu P.T. Pertjetakan Kebajoran tipe bold type, new gothic dan serief. Harga ketiga variasi sama yaitu sekitar Rp. 10.000 perlembar UNC.


Pecahan 100 rupiah biru
Mempunyai gambar yang sama dengan yang berwarna merah tetapi tidak memiliki tanda air. Berharga jual sekitar Rp. 50.000 perlembar UNC.


Pecahan 10.000 rupiah merah
Semua pecahan 10.000 rupiah mempunyai corak dan bentuk yang sama tetapi memiliki warna dan tanda air yang berbeda.

Pecahan 10.000 rupiah merah ini memiliki tanda air kepala banteng dan berharga jual sekitar Rp.20.000 s/d Rp. 400.000 rupiah perlembar. Kondisi UNC nya cukup sulit ditemukan.


Pecahan 10.000 rupiah hijau
Bergambar mirip dengan yang berwarna merah tetapi bernilai jual jauh lebih rendah. Harga berkisar dari Rp.10.000 untuk kondisi fine s/d Rp. 100.000 perlembar untuk kondisi UNC.


Pecahan 10.000 rupiah garuda
Disebut demikian karena terlihat lambang negara kita burung garuda yang dicetak di sisi kanan.
Terdiri dari dua variasi tanda air: Pertama, barisan garuda di bagian tengah dan yang kedua adalah barisan garuda di sisi kanan dan kiri uang. Mirip seperti pecahan 5000 rupiah coklat tahun 1958. Keduanya berharga jual sekitar Rp.25.000 s/d Rp. 250.000 perlembar. Bila UNC harga bisa mencapai 400 ribu perlembar.



Sukarno 1964
Selain pecahan-pecahan yang disebut di atas, beredar secara luas di masyarakat sejumlah bentuk pecahan bergambar Sukarno. Ada yang memiliki nominal 100 rupiah, 1000 rupiah, 5000 rupiah ataupun 10.000 rupiah. Bentuk, warna dan ukurannyapun bermacam-macam, memiliki watermark, benang pengaman serta tulisan-tulisan tertentu dan bila diletakkan di telapak tangan dapat menggulung sendiri. Pecahan-pecahan ini bukanlah pecahan yang resmi dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah, beredar luas sampai ke pelosok tanah air dan dengan mudah ditemukan di seluruh kaki lima di Indonesia. Banyak sekali pemilik pecahan ini yang menganggapnya memiliki kekuatan mistis, dan ditawarkan dengan harga 'super tinggi' bahkan ada yang hanya bersedia bila ditukar dengan mobil. Padahal pecahan ini diperdagangkan di kaki lima hanya dengan harga sekitar 10-20 ribuan rupiah saja perlembarnya. Untuk gambar dan penjelasan lengkapnya silahkan lihat di bagian 1960 (Seri Sukarno).

Kesimpulan seri 1961-1964
1. Terdiri dari pecahan terkecil (sen) s/d terbesar (10.000 rupiah)
2. Mudah didapat, bernilai rendah dan tidak terdapat banyak variasi.
3. Termahal adalah pecahan 10.000 merah, disusul oleh 10.000 garuda.
4. Sebenarnya terdapat juga seri Sukarno yang diterbitkan pada periode ini yaitu:
Seri Sukarno Borneo 1961 yang terdiri dari pecahan satu dan dua setengah rupiah
Seri Sukarno 1964 terdiri dari pecahan satu dan dua setengah rupiah
Seri Sukarno Irian Barat 1960-1961
Seri Sukarno Riau 1960-1961
Masing-masing telah dibahas, silahkan dibaca.

Sumber : http://www.uang-kuno.com

Mobil-Mobil Paling Aneh Di Dunia

Mobil kadang-kadang dibuat tidak hanya sebagai alat transportasi biasa melainkan juga sebagai kendaraan yang tidak biasa baik fungsinya mapun teknologinya. Mobil-mobil aneh ini selain berkonsep ekonomis dan ramah lingkungan, juga digunakan untuk kegunaan-kegunaan yang ekstrem seperti untuk kondisi-kondisi offroad ataupun hanya sekedar untuk cari sensasi saja agar masuk dalam daftar rekor dunia.

Mobil Terceper Di Dunia Bertenaga Jet
Mobil ceper gila ini akan dimasukkan Guinness Book sebagai kendaraan paling flat alias ceper sedunia. Seberapa ceper ? Mobil ini tingginya cuma 19 inci. Edannya, sang pembuat Perry Watkins memasang mesin turbin jet di pantat mobilnya. Entah mobil ini legal apa tidak dipakai di jalanan.

Colim: Karavan yang Copotable
Kendaraan ini didesain oleh Christian Susana yang merupakan hasil kawin silang sebuah mobil dan karavan untuk camping. Bagian depannya bisa dicopot-copot, jika sedang tidak untuk camping, dam menjadi sebuah mobil dengan dua kursi penumpang. Mungkin penampilannya aneh, tapi fleksibilitasnya sangat mengagumkan.

Limusin Terpanjang Di Dunia

Limusin ini panjang totalnya 30 meter. Punya 26 ban, ruangan untuk banyak penumpang, pemanas jacuzzi, dek mandi matahari, beberapa tempat tidur dan sebuah … helipad !!!

Dream Car 123: Mobil Listrik Piramida
Dream Car 123 adalah sebuah kendaraan seberat 8000 pound yang bentuknya seperti piramida, dibangun seperti layaknya tank dan jika malam hari bermandikan cahaya dari lampu-lampu neon warnanya. Yang paling keren karena kendaraan ini ditenagai oleh listrik. Butuh charging selama 3,5 jam sebelum digunakan dan mampu menjelajah sejauh 240 mil pada kecepatan hingga 40 mph (mil per hour). Penemunya, Greg Zanis, juga mendesain sebuah tower bertenaga solar dan tenaga angin untuk men-charge mobil aneh ini.

Peel 50: Mobil Terkecil di Dunia
Mobil tiga roda ini memcahkan rekor sebagai mobil terkecil di dunia yang akan diproduksi dan siap meliuk-liuk di tengah kemacetan di jalan-jalan di Inggris.

LEGO F1: Mobil Balap Ferrari
Terdiri dari 80.000 lego yang menyusunnya, inilah mobil lego terbesar dan paling mendekati ukuran aslinya. Mobil lego ini dibuat dengan skala 1:1 berdasarkan mobil ferrari F2008 yang sepertinya bisa dikendarai. Dibuat di Amsterdam, Belanda pada acara tahunan “Lego World”.

Evolution: Mobil Super Ekononomis
Berbeda dari mobil ekonomis pada umumnya, konsepnya bukan seperti mobil hybird, tapi pada beratnya yang cuma 450 kg. Kecepatannya mencapai 160 km/jam dengan mesin turbo diesel 2 silinder. Pintunya unik karena tidak berada di bagian sisi-sisinya melainkan menggunakan sebuah pintu sayap di depan.

Truk Mattrack: Mobil Ski
Sebenarnya truk ini truk biasa yang roda-rodanya diganti dengan sabuk-sabuk mattrack. Perusahaan pembuatnya – Mattrack – tampaknya mampu membuat jendaraan sejenis ini dari semua kendaraan 4×4 – dari ATV hingga truk seberat 20 ton. Sabuk-sabuk yang pendek membuat Truk Mattrack berjalan hampir dimana saja kecuali pada salju yag terlalu tebal atau dalam. Pada salju yang dalam, sabuk-sabuk yang lebih panjang dibutuhkan. Sabuk yang pendek tersebut juga bisa digunakan saat melintasi glasier (sungai salju) yang pendek, sedangkan untuk glasier yang lebar digunakan sabuk yang panjang.

Peugeot Capsule: Mobil Mungil untuk Melarikan Diri
Desainer Alp Germaner memimpikan wahana untuk melarikan diri, tapi bukan untuk dipakai melarikan diri ke luar angkasa seperti konsep di film-film fiksi, melainkan akan membawa Anda ke medan off-road. Peugot Capsule yang terinspirasi dari motor KLR 650 ini bergerak dengan tenaga listrik. Lengkap dengan GPS, LCD screen yang sekaligus berfungsi sebagai kaca cermin belakang, konektivitas internet, dan ruang bagasi yang cukup untuk berakhir pekan dengannya.

Eclectic: Kendaraan energy-autonomous Pertama di Dunia ?
Mobil ini dilengkapi dengan panel surya dan kincir angin sebagai sumber tenaganya dan juga sebuah plug untuk mencharge ulang tenaga listriknya karena panel surya dan kincir anginnya hanya mampu membawa mobil ini sejauh 14 mil dan tenaga dari listrik tersebut akan melanjutkan perjalanannya. Harganya sekitar US $31.500 dollar, menurut pers release Venturi.

Thrust SSC: Ngebut Hingga 750 Mil per Jam
Thrust SSC (Super Sonic Car) ditenagai oleh dua mesin turbojet Roll Royce 205. Tenaga yang disemburkan setara dengan 145 mobil Formula Satu (F1). Beratnya 10 ton dan pernah mencatat kecepatan maksimum 766 mil per hour di gurun Black Rock, Nevada, USA pada Oktober 1997.

Bigfoot 5 : Truk Monster Tebesar di Dunia
Bigfoot 5 merupakan truk monster terbesar dan terberat di dunia. Bodinya dari pickup Ford F250 tahun 1996 dengan mesin 460 cu inch V8 sabagai sumber tenaganya. Bigfoot memiliki berat 28.000 pound dan tingginya mencapai 15 kaki 6 inci. Roda-roda raksasanya berasal dari kendaraan jelajah tentara Amerika di Alaska di tahun 50-an.

Sumber : http://komunitasunik.wordpress.com

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More