Pages

Selasa, 29 Mei 2012

Jembatan Runtuh di Dunia

Runtuhnya jembatan tak hanya menyebabkan lumpuhnya sarana transportasi maupun kegiatan ekonomi, namun juga meninggalkan kesedihan bagi keluarga korban. Berikut ini beberapa tragedi jembatan runtuh di seluruh dunia :

Jembatan Kutai Kartanegara


Jembatan yang menghubungkan Kota Tenggarong dengan Tenggarong Seberang ini pada Sabtu 26 September 2011 lalu. Runtuhnya jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini menyebabkan 22 orang tewas dan sekitar 14 orang belum diketemukan. Pengevakuasian korban agak terganggu akibat derasnya aliran arus Sungai Mahakam. Usia jembatan ini berumur sangat pendek yaitu 10 tahun berselang setelah selesai penggarapannya pada 2001 lalu.
Jembatan Gungahlin Drive Extension

Jembatan yang berada di Canberra (Australia) memiliki panjang 9 km untuk menghubungkan Barton Highway di distrik Gungahlin menuju Glenloch Interchange. Jembatan ini runtuh pada 14 Agustus 2010 lalu, ketika belum rampung penggarapannya.
Runtuhnya jembatan ini membuat seorang pekerja terjebak di bawah reruntuhan jembatan. Namun, akhirnya ia bisa dikeluarkan meski harus menderita beberapa luka.
Total korban dalam kejadian ini hanya 9 orang yang harus dilarikan ke rumah sakit sedangkan 5 orang hanya menderita luka kecil saja. Dan, jembatan itu kembali pada awal Oktober 2011 lalu.

Jembatan Myllsilta


Jembatan yang berada di Turku, Findlandia ini runtuh pada 6 Maret 2010 lalu. Beruntung dalam peristiwa ini tak merenggut korban jiwa ataupun terluka.

Jembatan Sungai Chambal

Jembatan ini dibangun melintasi sungai Chambal di India. Sungai yang mengalir di wilayah Madhya Pradesh dan Rajashtan ini dikenal sebagai sungai yang dipenuhi buaya. Jembatan ini runtuh pada 25 Desember 2009 lalu ketika proses pembangunan masih berjalan. Tak kurang 12 jenazah berhasil diketemukan dan sekitar 45 orang dilaporkan hilang.

Jembatan Suspensi Tarcoles
 
Jembatan yang melintas di atas Sungai Tarcoles ini menghubungkan kota San Jose dengan Pantai Jaco di Kostarika. Jembatan ini runtuh pada 22 Oktober 2009 lalu. Faktor kelebihan muatan dituding sebagai penyebab utama runtuhnya jembatan ini. Apalagi, usia jembatan ini sudah cukup tua karena dibangun pada tahun 1924 silam.
Tragedi ini menewaskan 5 orang dan setidaknya sekitar 30 orang mengalami luka- luka.
Karena kerusakan yang parah jembatan ini sudah tidak bisa digunakan lagi.


Jembatan Oakland Bay
 
Tak kurang 250.000 lebih kendaraan yang berlalu- lalang di atas jembatan Oakland Bay setiap harinya. Jembatan ini dibuka pada 12 November 1936 silam dan menghubungkan San Francisco menuju Oakland, Amerika Serikat. Jembatan yang runtuh pada 27 Oktober 2009 ini diduga akibat adanya kesalahan dalam perbaikan. Kabar baiknya, tak ada korban tewas dalam peristiwa ini.


Sumber : http://www.matakami.com

1 komentar:

MAKASIH BANYAK KI, BERKAT BANTUANNYA SAYA DAPAT 65, JUTA DR ANGKA YG MBAH BERIKAN HASIL RITUAL BENAR BENAR TEMBUS% ALHAMDUH LILLAH SAYA SUDAH BISA BERMODAL DAN BISA MELUNASI SEMUA UTANG UTANG SAYA JIKA INGIN SEPERTI SY HUB AJISOKO DI NMR:0_8_5_3_1_8_4_5_4_5_4_4 ATAU KUNJUNGI WEPSite ASLI AJISOKO DI http://prediksiajisoko.blogspot.com KALAU ANDA INGIN MENGUBAH NASIB

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More