Pages

Jumat, 30 September 2011

10 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Tahun 2011

Majalah Forbes kembali mengeluarkan daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia. Dari ratusan itu, inilah 10 besar wanita paling berpengaruh tersebut. satu diantara daftar 100 wanita berpengaruh di dunia tersebut salah satunya dari Indonesia, siapa dia? pastinya sobat ruanghati.com sudah mengenalnya siapa lagi kalau bukan Ibu Sri Mulyani mantan Menteri Keuangan yang kini berkarir di IMF tersebut. Berikut lebih lengkap 10 wanita paling berpengaruh di dunia tersebut:

1. Angela Merkel
Wanita berusia 57 tahun itu adalah Kanselir Jerman. Angela adalah Kanselir wanita pertama Jerman dan orang pertama bekas warga negara Republik Demokratik Jerman yang memimpin Jerman setelah reunifikasi. Ia juga merupakan wanita pertama yang memimpin Jerman sejak negara itu menjadi sebuah negara kebangsaan yang modern pada 1871.


2. Hillary Clinton
Hillary saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat. Karirnya di dunia politik semakin bersinar setelah suaminya, Bill Clinton terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Wanita 63 tahun itu merupakan lulusan Sekolah Hukum Yale. Ia dua kali tercatat sebagai salah seorang dari 100 pengacara paling berpengaruh di Amerika.


3. Dilma Rousseff
Dilma merupakan presiden wanita pertama di Brasil. Ia menjabat sebagai Presiden sejak 1 Januari 2011. Wanita 63 tahun itu pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi Brasil periode 2003 hingga 2005. dilma pernah menjadi seorang gerilyawan Marxis. Ia sempat mengalami penyiksan pada tahun 70-an karena melawan rezim militer diktator Brasil.


4. Indra Nooyi
Wanita berusia 55 tahun ini adalah Chief Executive Officer untuk PepsiCo Inc. Nooyi bergabung dengan PepsiCo sejak 1994 dan dipilih sebagai CFO pada 2001. Sejak kepemimpinannya, pendapatan tahunan PepsiCo Inc. naik 72%. Sedangkan keuntungan perusahaan tersebut naik dua kali lipat menjadi US$ 5,6 miliar pada 2006.


5. Sheryl Sandberg
Sherly merupakan salah satu wanita yang berada di balik kesuksesan Facebook. Kedudukannya di situs jejaring sosial itu adalah sebagai Chief Operating Officer. Sebelum bekerja untuk Facebook, ia pernah menjabat sebagai Vice President of Global Online Sales and Operations di Google. Wanita kelahiran 1969 itu merupakan lulusan dari Sekolah Bisnis Harvard.


6. Melinda Gates
Melinda adalah istri dari pendiri Microsot Corp, Bill Gates. Ia merupakan salah satu orang penting di Bill and Melinda Gates Foundation. Tahun ini bukan pertama kalinya Melinda masuk daftar 100 wanita paling berpengaruh Forbes. Ia tercatat sudah tiga kali terpilih yaitu pada 2006 (urutan ke-12), 2007 (urutan ke-24) dan 2008 (urutan ke-40).


7. Sonia Gandhi
Wanita 64 tahun ini adalah Ketua Partai Kongres India, partai terbesar di negara tersebut. Ia merupakan janda dari mantan Perdana Menteri India, Rajiv Gandhi. Sonia Gandhi dianggap sukses memimpin partainya. Ia dipuji karena berkat strateginya, partainya memenangkan pemilihan umum berturut-turut pada 2004 dan 2009.


8. Michelle Obama
Wanita 47 tahun ini adalah istri Barack Obama, Presiden Amerika Serikat. Sebelum menjalani aktivitasnya sebagai istri presiden, Michelle merupakan seorang wanita bekerja. Ia pernah berkarier sebagai pegawai di sebua firma hukum. Ibu dua anak itu juga pernah tercatat sebagai asisten walikota Chicago, Richard M Daley.


9. Christine Lagarde
Christina merupakan Menteri Urusan Ekonomi, Keuangan dan Perindustrian Prancis. Wanita 55 tahun itu mulai menjabat posisi direktur terpilih IMF pada 5 Juli 2011 menggantikan Dominique Strauss-Kahn. Ia menjadi wanita pertama yang menjabat pemimpin IMF. Sebelumnya, Christina merupakan Menteri Pertanian dan Perikanan dan Menteri Perdagangan pada pemerintahan Dominique de Villepin. Ia wanita pertama yang pernah menjabat Menteri Urusan Ekonomi dalam kelompok ekonomi G8.


10. Irene Rosenfeld
Irene adalah direktur dan CEO dari Kraft Foods. Wanita kelahiran 1953 itu sudah 25 tahun bekerja di industri makanan dan minuman. Pada 2008, Wall Street Journal memasukkan namanya dalam daftar ’50 Women to Watch’. Dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia Forbes pun ia sebelumnya pernah masuk. Pada 2009, ia menduduki posisi ke-6.


Sumber : http://www.menjelma.com

TEMPO Interaktif, Jakarta - Popularitas Sri Mulyani Indrawati semakin moncer. Untuk ketiga kalinya, mantan Menteri Keuangan ini masuk ke dalam daftar jajaran perempuan paling berpengaruh di dunia. Tahun ini, Direktur Pelaksana World Bank ini menduduki peringkat ke-65 dalam daftar 10 perempuan paling powerful versi Majalah Forbes yang dirilis 24 Agustus 2011 lalu.


Sebelumnya, Sri Mulyani masuk dalam daftar yang sama pada 2008 di peringkat 23. Saat itu, ia masih menjadi Menteri Keuangan dan sudah mengalahkan posisi Hillary Rodham Clinton yang menjadi senator di urutan 28.

Kemudian tahun 2009, peringkat Sri Mulyani turun di nomor 71. Pada 2010, Forbes sama sekali tidak memasukkan nama Sri Mulyani sebagai calon presiden. Namun CNN memilih Sri Mulyani dalam daftar tiga perempuan paling berpengaruh di Asia 2010.

Tahun 2011 ini, Forbes kembali memasukkan Sri Mulyani. Perempuan kelahiran Tanjung Karang, Lampung, ini juga dimasukkan dalam daftar 13 perempuan Asia. "Ia berhasil memotong utang negara menjadi setengahnya," tulis analis Forbes seperti dikutip AFP, Jumat, 26 Agustus 2011. "Sri Mulyani juga sukses meningkatkan cadangan devisa Indonesia menjadi lebih dari US$ 50 miliar."

Mantan Direktur IMF Asia itu juga dipuji atas keberhasilannya menjadikan Kementerian Keuangan sebagai institusi dengan tingkat korupsi paling rendah. Salah satu caranya dengan menerapkan kebijakan gaji yang lebih tinggi bagi pegawai negeri untuk mencegah mereka menerima suap. "Sri Mulyani juga menciptakan iklim usaha yang kondusif serta memberikan insentif pajak bagi para pelaku usaha," kata Forbes.


Selain Sri Mulyani yang disebut-sebut berpeluang menjadi calon presiden, Forbes juga memilih sejumlah perempuan hebat lainnya dari berbagai kalangan. Di antaranya pebisnis dan miliuner yang mencapai 49 orang. Sisanya dipilih dari kalangan politikus.


Pada tahun ini, kalangan pebisnis mendominasi daftar wanita paling berpengaruh, yakni mencapai 49 orang. Sisanya dari politikus, seperti Hillary Clinton, kemudian ada entertainer, seperti Lady Gaga, di posisi ke-11, serta beberapa miliuner wanita.


Sumber : http://www.tempo.co/hg/politik/

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More