Pages

Selasa, 22 Februari 2011

PARIWISATA DI SUMATERA

 PROPINSI RIAU

Riau merupakan salah satu propinsi tujuan wisata Melayu di Pulau Sumatera. Ikon kebudayaan Melayu menjadi salah satu andalan nilai pariwisata propinsi.
Secara geografis, propinsi ini tak memiliki gunung seperti layaknya propinsi tetangga Riau yakni Sumatera Barat. Hal ini menyebabkan Riau dianggap miskin dengan Objek Wisata Alam yang biasanya banyak terdapat di daerah pegunungan.
Namun betulkah anggapan ini? Ternyata jika kita menyusuri kabupaten-kabupaten propinsi ini, kita akan menemukan banyak tempat-tempat pariwisata yang tersembunyi.
Ada banyak objek wisata di daerah Riau yang tidak terekspos dan tidak diketahui oleh para wisatawan. Disamping promosi yang kurang maksimal, pengelolaan dari tempat-tempat wisata ini pun masih butuh usaha yang lebih baik lagi. Berikut beberapa tempat objek wisata alam yang akan kita temukan di daerah-daerah kabupaten di Riau.

 Air Terjun Guruh Gemurai





Objek wisata ini terletak di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Selain terkenal dengan pacu jalur, Kuantan Singingi juga menyimpan salah satu wisata alam yang menarik di Riau.
Air terjun Guruh Gemurai berlokasi di Kecamatan Kuantan Mudik (Lubuk Jambi), tepatnya di Desa Kasang. Tempat ini hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Taluk Kuantan, Ibu kota Kuantan Singingi.Lokasi objek wisata alam ini dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum, tersedia jalan beraspal menuju lokasi tempat ini.
Nama Guruh Gemurai diambil dari bahasa lokal masyarakat Kuantan Singingi. Guruh berarti suara gemuruh dari air terjun tersebut, sementara Gemurai bermakna suara percikan air yang berserakan. Jadi Guruh Gemurai diartikan menjadi air terjun yang memiliki suara gemuruh dengan percikan airnya.



Taman Pemancingan Alam Mayang


Objek wisata ini terletak di ibu kota Propinsi Riau, yakni Pekanbaru. Taman Alam Mayang terletak di kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru.
Para pengunjung di lokasi objek wisata ini akan disuguhi kawasan memancing yang cukup luas. Lokasi ini menjadi salah satu objek wisata favorit warga Kota Pekanbaru. Bentuk lokasi yang luas dengan pepohon rindang yang nyaman menyebabkan lokasi ini ramai dikunjungi. Tempat ini biasanya akan mengalami pelonjakan pengunjung pada hari-hari libur, hari raya dan hari ahad.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh 
 
Objek wisata alam yang satu ini terletak di Kabupaten Indragiri Hulu, tepatnya di Desa Pematang Rebah, Rengat.
Uniknya, di kawasan ini Anda juga akan menemukan suku asli pedalaman Talang Mamak. Suku asli ini masih menjaga kelestarian komunitasnya di daerah hutan menuju ke lokasi Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini.


Objek Wisata Pantai

Jika Anda ingin menikmati suasana wisata pantai di Riau, maka Anda perlu mengunjungi Kabupaten Bengkalis. Ada banyak lokasi pantai yang menarik sebagai objek wisata alam di daerah ini. Diantaranya; Pantai Rupat, Pantai Selat Baru, Pantai Pasir Panjang.

Objek Wisata Kepulauan Riau

Jika Anda mengunjungi daerah Riau Kepulauan, niscaya Anda akan mendapati aneka tempat objek wisata alam yang sungguh menarik.
Riau kepulauan atau saat ini telah menjadi Propinsi Kepulauan Riau merupakan daerah yang terpisah dari Riau daratan. Propinsi ini diresmikan pada 1 Juli 2004 sebagai hasil kebijakan otonomi daerah.
Beberapa kawasan wisata menarik propinsi ini diantaranya; Pantai Bintan, Gunung Daik Bercabang Tiga, Pulau Penyengat, Gunung Bintan, Wisata Sungai Sebong, Pantai Nongsa, Gunung Ranai, Pantai Lagoi, Pantai Trikora, Pantai Penat, Air Terjun Temurun, Pemandian Tengku Ampuan Zahara, Air Terjun Cik Latif, Dermaga Daik (Lingga), Pantai Ranai, Sungai Natuna,

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More