Pages

Jumat, 25 Februari 2011

PARIWISATA DI SUMATERA

 PARIWISATA  DI PROPINSI  BABEL
Tempat Obyek Wisata Bangka Belitung. Pariwisata Provinsi Bangka Belitung merupakan salah satu dari kekayaan dan keanekaragaman dunia wisata di indonesia. Untuk mengenal tentang dunia wisata Bangka Belitung, khususnya mengetahui obyek dan tempat wisata yang ada di Bangka Belitung bolehlah info ini bisa anda baca. Barangkali saja suatu saat anda berkunjung ke provinsi Bangka Belitung dan ingin berlibur ke salah satu tempat berlibur ( obyek tempat wisata ) di Bangka Belitung.

Wisata Pantai di Bangka Belitung:
Buat anda yang suka dengan pemandangan pantai, ingin menikmati segarnya udara pantai, melihat ombak atau hanya sekedar jalan jalan ke pantai yang ada di Bangka Belitung Anda bisa berkunjung ke :
Ketempat tempat ini yang panorama alamnya  begitu indah untuk di liat dan di nikmati kita smua....................???


PANTAI PARAI TENGGIRI


Pada awalnya, masyarakat sungailiat menyebut pantai ini sebagai pantai Hakok, kmudian sebagai pantai Tenggiri. Pantai Parai merupakan pantai paling indah dideretan pantai timur Pulau Bangka. Sejak dulu ketika masih disebut Hakok, pantai ini merupakan kawasan yang paling digemari untuk dikunjunggi oleh masyarakat setempat. Bebatuan yang banyak terdapat di pantai ini, bagaikan sebuah dekorasi alam yang sangat indah. Pantai ini memiliki sebauh resort dengan hotel bintang 4 yakni parai beach resort. Merupakan satu-satunya kawasan tujuan wisata pantai bertarap internasional yang patut dibanggakan dipulau bangka. Hampir semua fasilitas tersedia, mulai dari akomodasi, restauran, bar and grill, café, kolam renang, bahkan sport and leisure.


Di ujung kiri pantai, terdapat sebuah gugusan bebatuan yang di tata dengan apik dan di namakan Rock Island. Pada malam hari, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati hidangan lezat dan minuman bar, sambil mendengarkan deburan ombak yang menerpa bebatuan tanpa henti. Akses menuju ke sana melalui sebuah jembatan dengan penerangan lampu di sepanjang tepi kanan dan kirinya. Pengunjung dapat berjalan kaki menuju ke Rock Island sambil menikmati pemandangan laut dan riakan ombak.

SUMBER : http://www.visitbangkabelitung.com

PANTAI  MATRAS 

Bila Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Bangka, jangan lupa datang ke Pantai Matras. Pantai yang terletak di Desa Sinar Baru yang terletak 40 kilometer dari Kota Pangkalpinang ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.
Hamparan pasirnya yang putih, bersih dan berkilauan tertimpa cahaya matahari menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah deburan ombaknya yang berasal dari air laut berwarna biru jernih berpadu dengan langitnya yang biru, menambah nikmatnya suasana pantai yang menjadi tujuan wisata pada masa liburan sekolah dan tahun baru juga rekreasi keluarga ini.

 
Jajaran pohon kelapa banyak menghiasi pantai sepanjang lima kilometer ini. Selain itu, Pantai Matras dikenal sebagai wisata alam karena terdapat aliran sungai yang terbentuk dengan sendirinya, menjadikan pantai ini bernilai lebih.

Pantai yang landai dengan bebatuan kecil-kecil serta pemandangan nyiur melambai, memanjakan mata siapa pun yang menikmatinya. Lautnya yang tidak begitu banyak ikannya itu masih mempesona dengan airnya yang jernih dan bersih, mirip sekali dengan pantai-pantai di Bali.

Sarana dan Fasilitas Pantai Matras
Untuk bisa sampai ke Pantai Matras terbilang cukup mudah. Anda bisa mengambil jalur darat melalui Kota Sungailiat ke arah utara menggunakan angkutan umum, sepeda motor atau mobil pribadi. Jalan yang ditempuh sudah beraspal dan relatif lebar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan menemui jalur yang curam karena sempitnya jalan.
Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, bisa masuk ke pantai ini hingga ke bibir pantai. Wilayah Pantai Matras terbilang bebas bagi pengunjung mana pun. Tidak heran bila pantai ini ramai pengunjung.
Selain itu, pemerintah setempat sudah mulai memperhatikan fasilitas penunjang yang dapat dimanfaatkan para pengunjung seperti saung untuk duduk-duduk dan berteduh saat matahari mulai terasa menyengat. Juga fasilitas ibadah seperti musala dan tempat wudu.
Toilet umum sengaja dibuat untuk menghindari pengunjung buang hajat sembarangan di pantai. Tidak hanya itu, penjaga pantai juga disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti anak kecil yang berenang terlalu jauh dari batas pantai atau orang yang tenggelam.
Kepulauan Bangka Belitung memang cukup terkenal dengan pantainya. Lihat saja Film Laskar Pelangi yang banyak mengambil latar belakang pantai di wilayah yang kaya akan hasil tambangnya ini. Pantai Matras salah satu dari sekian banyak pantai yang dapat dibanggakan dari segi keindahannya.
Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Matras tidak memiliki gunungan bebatuan seperti pada film tersebut. Meskipun begitu, pasir putihnya dengan sedikit bebatuan kecil yang tersebar di atasnya dan deretan nyiur melambai tetap bisa membius siapa saja yang memandangnya.

Oleh: AnneAhira.com


Pantai Tanjung Pesona


Satu lagi dari sekian banyak pantai yang dibahas kali ini.Apa itu???
Pantai Tanjung Pesona...
Pantai ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat,Bangka. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, di atas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang tiga.
Sesuai namanya pantai ini emang mempesona.Dan pantai itu emang kurang terawat ...Mungkin cuma mengharapkan pemerintah di sana aja buat ngerawatnya...dan juga masyarakat di sana baik yang lokal maupun luar...mohon kerjasamanya...apalagi kalo dateng kesana."JANGAN KOTORI PANTAI KITA!!!"






SUMBER : http://bangka-paradise.blogspot.com

Pantai Rebo
Pantai Rebo – Bangka yang terletak di kampung Rebo, Desa Kenanga,kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka .
Garis pantai yang membentang sepanjang puluhan kilometer dengan tekstur tanah yang berbukit-bukit membuat pantai ini lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise. Bentangan bebatuan granit yang berdiri dalam berbagai posisi membuat kunjungan kami menjadi lebih menyenangkan karena bebatuan tersebut seakan menyediakan meja bahkan tempat tidur, tidak perlu kuatir barang-barang bawaan tercemar oleh pasir. sekaligus untuk kemping di antara bebatuan tersebut.

 
Dari kejauhan tampak puluhan tambang apung mengambang di atas permukaan laut, dan begitu hari mulai beranjak siang, beberapa di antaranya mulai beroperasi dan mengeluarkan suara-suara mesin penyedot pasir yang masih banyak mengandung timah
Terumbu karang yang terdapat di daerah Karang Kering Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka

 
Pantai Rebo berjarak hanya sekitar 8 km dari Kota Sungailiat ibukota Kabupaten Bangka Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini sebenarnya merupakan daerah wisata bahari yang dahulu ingin dikembangkan oleh Pemda Kabupaten Bangka. Sayangnya karena kurang perhatian dan ketegasan wisata bahari di Pantai Rebo hampir luluh lantak dibantai oleh Tambang Inkonvensional (TI) apung dan TI darat. Selain itu pernah pula beroperasi kapal hisap dikawasan ini. Bekas galian, lobang-lobang dan sedimentasi pasir tak beraturan membuat Pantai Rebo tak secantik dulu.
Dulu (tahun 1990-an) di kawasan pantai ini dibangun dermaga sebagai tempat menambatkan perahu nelayan dan dibangun pondok-pondok sebagai tempat bersantai dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Berlatar Bukit Rebo yang hijau, berpasir putih dan air lautnya yang biru jernih, Pantai Rebo menjadi salah satu aset wisata bahari penting di Kabupaten Bangka saat itu.
Kini pondok-pondok itu telah berubah fungsi menjadi tempat tinggal yang tak terawat para pekerja TI yang sebagian besar berasal dari luar Pulau Bangka. Hanya dalam beberapa tahun penambangan timah telah meluluhlantakkan keindahan di pantai ini.
Sekitar 4 km dari bibir pantai tepat di depan Pantai Rebo (arah timur) terdapat kawasan terumbu karang yang sangat cantik. Memang tak semua orang yang mengetahui lokasi ini. Hanya nelayan dan sebagian penduduk setempat saja yang mengetahuinya. Jika menggunakan perahu nelayan, sekitar 20 menit kita telah sampai ke lokasi tersebut. Nelayan setempat menyebutnya ”karang kering”.
Karang jenis Acropora formosa (brown) ,Karang jenis Montipora aequituberculata , Amphiprion melanopus dan Ocellaris magnifica yang terdapat di kawasan Karang Kering Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Sama seperti kawasan karang kering yang terdapat di daerah bedukang (pada tulisan sebelumnya) karang di daerah tesebut kering (terlihat) saat air laut rendah dan tertutup saat pasang tinggi. Luasan karangnya sekitar 2 hektar dengan didominasi oleh karang jenis Acropora formosa (brown) yang memiliki tipe pertumbuhan branching dan karang jenis Montipora aequituberculata yang memiliki tipe foliose. ditemui Acanthaster plancii (mahkota berduri) dan Diadema sp (bulu babi),ditemui Tridacna sp yang merupakan biota laut jenis terumbu karang yang dilindungi karena terancam punah. Kawasan terumbu karang di Pantai Rebo termasuk kaya dengan jenis ikan karang seperti Lutjanus sp., Angelfishes, butterflyfishes, Abudefdu vaigiensis, parrotfishes dan Amphiprion. Selain itu ditemukan pula Anemon (softcoral), sponge, gastropoda dan biota laut khas terumbu karang lainnya.
yang terdapat di kawasan terumbu karang Pantai Rebo Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

 
Tidak jauh dari Pantai Rebo, dengan menyusuri garis pantai menuju kota Sungailiat akan ditemui Pantai Parai Tenggiri yang terletak di desa Sinar Baru,kecamatan Sungiliat. Merupakan satu-satunya pantai yang telah digarap secara serius sebagai suatu kawasan wisata terpadu, Pantai Parai Tenggiri ini sudah dilengkapi dengan Parai Beach Resort and Spa yang sudah berbintang 4 dan Parai Pool Villas Resort and Spa yang berbintang 5. Tempat ini juga telah dilengkapi dengan Martha Tilaar Salon and Day Spa, cocok sekali untuk relaksasi dan melepaskan diri dari segala kepenatan.
sumber : http://wisatasumatera.wordpress.com


Pantai Batu Berdaun
Wisata Dabo Singkep
Pantai Batu Berdaun – Dabo Singkep

Pantai Batu berdaun terletak didesa batu berdaun yang berjarak 8 Km dari dabo .
pantai yang membentang menghadap kearah tenggara memiliki butiran pasir yang halus dan berwarna putih dan di tumbuhi berbagai macam flora diantaranya Cemara anggin yang sering disebut penduduk ‘pokok Ru’, Kelapa,pandan pantai,dan Leban pantai.
 
Nama batu berdaun sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat sebuah batu yang ditumbuhi pohon yang bagi para penggemar Bonsai dinamakan saike,entah sudah berapa tahun usia pasti pohon yang tumbuh diatas batu itu, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut adalah pohon leban pantai, namun kini pohon cemara anginpun tumbuh di batu tersebut. Itulah mungkin kenapa pantai ini di namakan pantai batu berdaun yakni batu yang terdapat daun atau ditumbuhi pohon.
suasana yang begitu asri dan indah membuat pantai ini menjadi bagian tempat vaforit bagi keluarga yang mengisi liburan untuk bersantai bersama keluarga dan bagi pelajar atau pemuda di singkep pantai ini juga menjadi pilihan untuk dijadikan tempat camping, apalagi saat perayaan tahun baru boleh dikatakan dipantai inilah pusatnya perayaan pergantian tahun itu untuk masyarakat singkep.
Objek wisata yang satu ini memiliki sedikit keunikan, sama seperi namanya di daerah ini kita akan manjumpai sebuah batu yang ditum buhi pohon. Nama Batu berdaun ini sendiri diambil dari batu dan pohon tersebut. Objek wisata ini juga cukup indah karena ini merupakan objek wisata pantai dan sangat di gemari oleh masyarakat kota Dabo Singkep, namun sedikit disayangkan keadaan objek wisata ini kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Keadaan pantai ini cukup bersih dan indah, warga yang tinggal di daerah ini juga sebagian juga berpencaharian sebagai nelayan dan ada juga yang bekerja mangumpulkan batu-batu yang ada di pantai.
Pantai Sergang

 
Pantai indah sergang yang terletak di desa sergang ini hanya berjarak 1,5 km saja dari pusat kota dabo. jarak yang dekat,pasir pantai yang bersih, suasana yang teduh oleh rimbunnya pohon cemara angin ditambah fasilitas bungalo sebagai tempat bersantai membuat pantai inipun menjadi pilihan untuk bersantai. . pantai indah sergang ini dikelola masyarakat desa sergang dan dibantu pemerintah daerah tentunya menjadi salah satu obyek wisata yang diandalkan di singkep Pantai Nusantara

 
Pantai nusantara hanya berjarak 300 m sebelah barat daya dari pantai indah sergang dan masih diwilayah desa sergang. pantai ini sendiri dikelola penduduk setempat .
Pantai nusantara yang teduh dan tenang menjadi tempat yang asik untuk menikmati suasana pantai sambil menikmati secangkir kopi dan lakse (makanan khas melayu terbuat dari sagu dengan kuah terbuat dari ikan teri).
Tanjung Jodoh

Tanjung jodoh terletak 200 m sebelah Barat daya dari pantai nusantara. Tanjung (daratan yang menjorok kelaut) diberi nama tanjung jodoh konon katanya ditempat ini sering dijadikan tempat dua sejoli muda mudi mengikrarkan janji sehati dan hingga saat inipun tanjung jodoh inipun masih sering dipilih pasangan muda mudi untuk memadu kasih. tempat yang benar-benar masih alami tidak ada kursi ataupun bungalo untuk bersantai apa lagi warung, yang ada hanya rimbunan pepohonan dan batu karang.
Batu Ampar

 
Batu ampar terletak 10 km dari pusat kota dabo, merupakan objek wisata air terjun sekaligus tempat pemandian. tempat yang terletak dikaki gunung muncung ini memiliki aliran air yang deras dan jernih dengan hamparan bebatuan disepanjang alirannya ditambah nuansa hutan yang masih alami membuat suasana sejuk dan tenang begitu terasa ditempat ini. ada beberapa bungalo sebagai fasilitas yang dibangun pemerintah daerah sebagai tempat bersantai, dan saat ini sedang dilakukan perbaikan sarana kolam pemandian di tempat tersebut.tidak ada yang mengetahui pasti asal nama batu ampar namun menurut orang-orang tua yang berada di pemukimam masyarakat yang paling dekat dengan lokasi tersebut yakni air salak, nama batu ampar diberikan karna di sepanjang aliran air tersebut dahulunya banyak sekali batuan yang berhamparan,mungkin karna kebiasaan penyebutan kata yang ringkas dan cepat pada ahirnya orang menyebutnya dengan kata batu ampar. batu ampar menjadi pilihan yang mengasikkan bagi yang ingin menikmati nuansa hutan yang alami dan sejuk ataupun bagi yang bertujuan untuk mandi menyegarkan tubuh dengan airnya yang sejuk dari cuaca siang yang begitu panas dan menggerahkan. selain itu pula ditempat ini ada kolam pengembang biakan ikan air tawar milik bapak Hamdi. berbagai macam ikan air tawar yang ada disitu diantarany ikan Nila,Bawal darat,Patin,Mas koi,dan Toman. bagi anda yang ingin menikmati ikan bakar, kantin milik bapak hamdi inipun menyediakannya dan andapun dapat memilih dan mengambil ikannya sendiri dari kolam yang tersedia.
Gunung Muncung

 
Gunung muncung berjarak 15 km dari pusat kota dabo memiliki ketinggian hanya 450 m dpl, dipuncak gunung ini dulunya sekitar tahun 1978 dibangun stasiun realy TVRI yang di fasilitasi oleh UPTS(unit penambangan timah singkep) demi kebutuhan sarana hiburan dan informasi televisi bagi masyarakat singkep. akses jalan dibuat permanen sehingga kendaraan roda empat mampu mencapai puncaknya, namun seiring hengkangnya perusahaan timah dari pulau singkep ini,itu pula yang menandai kehancuran gunung muncung tersebut,pada mulanya sarana jalan yang tidak lagi terawat lama kelamaan satu persatu fasilitas yang adapun ikut lenyap oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, mulai dari kaca hingga kabel-kabel tembaga sampai besipun dibuat takbersisa,dan kini yang tersisa hanya tiang tower dan dinding beton bangunan, dan akses jalan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja. dipuncak gunung muncung ini memiliki pemandangan yang sangat indah karna kita dapat melihat sekeliling pulau singkep,apalagi untuk menikmati sunset dan sunrise. bisanya anak-anak muda di singkep menjadikan gunung muncung sebagai tempat melakukan camping ataupun heking, selain disepanjang jalur perjalanan memiliki medan yang menantang karna memiliki hutan alami, di kaki gunung muncung inipun terdapat sumber air yang berasal dari sumbermata air pegunungan yakni air gemuruh yang dijadikan sumber untuk air bersih pada tahun 1975 bagi konsumsi masyarakat dabo singga sekarang, dan selain itu pula dikaki gunung muncung ini terdapat air terjun “batu ampar ” dimana ditempat ini biasa dijadikan tempat beristirahat dari perjalanan yang sebelumnya begitu melelahkan.perjalanan heking kegunung muncung sendiri dapat ditempuh dengan waktu 3 hingga 4 jam saja untuk menuju puncaknya, sepanjang perjalanan anda dapat menikmati indahnya perbukitan,menempuh semak belukar,hingga menembus rimba raya yang alami dengan berbagai macam fauna yang bisa kita jumpai.
Permandian Air Panas

 
Pemandian air panas terletak di kaki gunung lanjut yang berjarak 9 Km dari pusat kota dabo, kawasan air panas merupakan kawasan perkebunan di pulau singkep, dikawasan ini terdapat diantaranya perkebunan karet dan durian. jadi jika anda menuju ke pemandian air panas ini anda akan menyaksikan pepohonan karet ataupun durian di sisi jalan, namun jalan menuju ke tempat pemandian air panas ini belum begitu baik,dari 9 Km jaraknya hanya 2 Km saja yang sudah beraspal sisanya masih berupa jalan tanah merah yang walaupun bahu jalannya cukup lebar namun jika turun hujan akan banyak terdapat genangan air dan membuat jalanpun menjadi licin dan sebaliknya bila musim kemarau jalanpun menjadi berdebu, inilah mungkin yang menyebabkan pemandian air panas ini kurang di minati pengunjung dibanding objek-objek wisata lainnya. Di lokasi pemandian air panas sendiri terdapat 4 kolam yang memiliki suhu panas yang berbeda, ada kolam bagi anak-anak atau balita, suhu panas sedang, hingga yang panas. selain itu pula dilokasi ini sudah terdapat fasilitas MCK dan bungalo sebagai tempat untuk bersantai. Belum ada penelitian ilmiah yang otentik tentang sumber air panas yang ada. namun dari apa yang ada aroma belerang dapat kita rasakan dari kolam pemandian ini,jadi dapat disimpulkan terdapat energi panas bumi di pulau singkep ini,walaupun biasanya magma ada di kawasan gunung berapi namun di pulau singkep ini terdapat di kaki gunung lanjut yang gunung lanjut ini sendiri hanya memiliki ketinggian 400 m diatas permukaan laut, ataukah sebenarnya pulau singkep memiliki anakan gunung yang akan tumbuh menjadi gunung berapi nantinya?, jawabannya tentulah harus di jawab melalui penelitian ilmiah tentang ini. Pemandian air panas, Ini merupakan satu-satunya objek wisata pemandian air panas yang terdapat di kota Dabo Singkep. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Dabo Singkep namun masih cukup banyak pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini, karena objek wisata ini sangat tenang dan nyaman karena berada jauh dari keramaian. Di tempat ini terdapat 3 buah kolam air panas, dimana suhu ketiga kolam ini berbeda-beda. Namun sedikit disayangkan jalan unutk menuju pemandian air panas ini masih kurang bagus dan apabila pada saat musim hujan jalannya akan kotor dan sedikit licin.
Dan masih banya lagi  tempat2 pariwisata di provnsi BANGKA - BELITUNG ini.
Inilah anugerah Tuhan yang di berian pada bangsa Indonesia  Marie  kita ikut menjaga kelestarian dan keasriannya..........

SUMBER : http://wisatasumatera.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More