Pages

Senin, 28 Februari 2011

PARIWISATA DI JAWA

PARIWISATA DI JAWA BARAT

Liburan ke tempat wisata di Jawa Barat atau berkunjung ke obyek wisata di Jawa Barat merupakan kegiatan traveling yang menarik. Provinsi Jawa Barat adalah salah satu tempat liburan keluarga favorit.

Untuk menambah referensi Anda tentang Wisata Indonesia, yang ada di Jawa barat berikut ini merupakan sebagian dari tempat liburan dan wisata dari obyek wisata yang terdapat di Jawa barat.

Banyak sekali potensi pariwisata di Jawa Barat untuk di kelilingi jika wisatawan ingin liburan ke salah satu provinsi di Indonesia ini. Bandung mendapat sebutan Paris Van Java nya Indonesia. Bogor menjadi pilihan menarik buat orang-orang Jakarta saat weekend. Berikut ini adalah daftar obyek wisata Jawa Barat dan di antara pbyek wisata Jawa Barat tersebut mungkin sudah Anda ketahui :

Kebun Raya Bogor

Kawasan dengan luas 87 hektar ini telah didirikan sejak tahun 1817 atas prakarsa dari Sir Stamford Raffles, seorang kebangsaan Inggris yang menjabat sebagai gubernur Jawa. Pohon-pohon di kawasan ini sudah berumur ratusan tahun. Jadi tidak mengherankan bila pohon-pohon disini memiliki batang yang besar dan tingginya mencapai puluhan meter. Pada masing-masing pohon, ditempelkan label yang berisi nama pohon dan kapan pohon tersebut mulai ditanam. Maka, selain berwisata, kita dapat juga mengenal pohon-pohon yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya.

Banyaknya pohon di Kebun Raya ini membuat udara sejuk dan kaya akan oksigen. Ada lebih dari 17.000 species termasuk jenis bunga anggrek yang langka. Pohon-pohon yang ada disini tidak hanya bersal dari dalam negeri tetapi banyak pula yang berasal dari luar negeri. Yang selalu menarik untuk disaksikan adalah saat berkembangnya bunga bangkai (Rafflesia Arnoldi). Bunga ini memang unik karena ukuran yang besar dan bila berbunga akan mengeluarkan bau busuk sehingga diberi nama bunga bangkai.


Disini kita dapat memandang kawasan hijau yang menenangkan yang jarang kita temui di kota-kota besar. Suara burung yang bernyanyi dapat pula kita dengarkan. Untuk menambah kecantikannya, terdapat pula kolam-kolam dengan pancuran air, sehingga kita dapat mendengar suara gemericik air. Bagi Anda yang membawa anak-anak, tempat ini sangat cocok karena ada banyak taman-taman yang luas sehingga putra putri Anda dapat leluasa bermain. Misalnya taman dekat kolam teratai yang merupakan tempat favorit bagi para keluarga untuk bermain dengan anak mereka. Ada pula jalan yang menyerupai koridor panjang dengan pohon-pohon besar di sisi kiri dan kanan. Kursi-kursi yang ada di antara pohon tersebut menjadi tempat yang nyaman setelah berjalan mengelilingi kawasan ini.

Museum Zoologi
 
Terdapat pula Museum Zoologi yang berisi replika dari binatang-binatang yang ada di Indonesia. Pada bagian depan museum ini Anda akan melihat kerangka buatan dari ikan paus yang pernah terdampar di Indonesia dengan ukuran yang luar biasa besar. Binatang yang ada disini merupakan binatang yang diawetkan. mulai dari jenis serangga, reptil, unggas, cacing, sampai mamalia. Semuanya dapat Anda lihat dalam ukuran yang sebenarnya. Misalnya, banteng yang besar, badak, harimau, orang utan, dll. Semuanya dibuat dengan latar belakang habitat asli mereka. Museum ini dapat membantu mengenalkan jenis-jenis binatang pada anak Anda.

Transportasi ke Kebun Raya Bogor
Untuk berwisata ke tempat ini, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Karena Kebun Raya ini terletak di tengah kota Bogor yang ramai. Atau bila Anda dari Jakarta dan malas membawa kendaraan peribadi, Anda dapat mencoba naik kereta. Ada banyak pilihan kereta bila Anda ingin ke kota Bogor, mulai dari kereta ekonomi hingga kereta ekspres. Anda tidak perlu menunggu lama di stasiun kota, karena kereta menuju Bogor ada setiap setengah jam sekali.

Wisatawan
Kebun Raya Bogor mempu menarik pengunjung dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan muda-mudi, keluarga, bahkan wisatawan asing. Tidak jarang ada kelompok wisatawan dengan pemandu yang menjelaskan detail dari Kebun Raya ini. Hal ini disebabkan karena Kebun Raya Bogor merupakan salah satu botanical garden tertua di Asia dan memiliki keindahan tersendiri.

Untuk menjaga agar Kebun raya Bogor tetap menjadi tempat wisata favorit, pihak pengelola perlu lebih memperhatikan kebersihan di tempat ini. Daun-daun yang berserakan, sampah yang dibuang sembarangan serta coretan pada batang pohon bila dibiarkan dapat merusak keindahan kawasan ini.


SITU PATENGAN



Merupakan sebuah danau alam yang terletak di perkebunan teh ranca bali, berjarak sekitar 47 Km dari kota Bandung.
Merupakan kawasan wisata yang berudara sejuk dan segar, sangat jauh dari polusi. Di pinggir danau terdapat banyak perahu yang dapat disewa untuk wisatawan mengelilingi danau.

Luas kawasan wisata (danau/situ dan hutan) mencapai 150 ha.Di dalam danau terdapat berbagai jenis ikan, antara lain mujair, nila, ikan mas, nilem, lele, paray dan beunteur. Di sekitar danau hidup berbagai burung berparuh panjang, yang oleh masyarakat setempat dinamai burung blekek, tikukur, dan kaca mata. Di sekitar danau terdapat hutan lindung yang ditumbuhi rumput dan pepohonan khas Jawa Barat sejenis puspa (Scima waliechi), saninten (Castanopsisargentia), dan pasa (Cuercus sp). Konon disana masih terdapat binatang surili (Presbytis comata) yang kini diambang kepunahan.

Perjalanan menuju objek wisata tersebut sepanjang 46km dari Kotamadya Bandung mungkin bisa dikatakan melelahkan pikiran menyaksikan kemacetan jalan Kopo sebagai satu-satunya jalan akses yang mudah dibandingkan dengan jalur lainnya serta melelahkan otot-otot kaki kiri menahan kopling bagi sang supir. Jika anda sudah melewati fly over jalan tol Padalarang-Cileunyi selepas pintu tol Kopo maka anda akan menyadari bahwa perjalanan dari lingkar selatan jalan Soekarno-Hatta hingga kota Kabupaten Bandung di Soreang adalah datar, sejauh kira-kira 10km.

Bahkan jika anda melihat peta administratif Soreang adalah titik tengah dari keseluruhan kota Bandung. jika tidak membawa kendaraan, bisa juga menggunakan fasilitas angkutan umum dari terminal Ciwidey dengan tariff Rp. 5.000,- perorang termasuk tiket masuk (tiket masuk perkepala Rp. 1.000,-). Hal ini akan berbeda jika pengunjungmenggunakan kendaraan pribadi (baik roda 2 maupun roda 4) atau dengan menggunakan bis rombongan. Kondisi jalan yang sudah rata (diaspal), mempermudah pengunjung untuk datang ke kawasan tersebut. Disepanjang jalan menuju Situ Patenggang terpampang hamparan hutan dan kebun tehnya.

Perkebunan strawbery juga banyak ditemui selama perjalanan. Umumnya perkebunan strawberry tersebut menyediakan fasilitas bagi pengunjung untuk memetik sendiri buah strawberry dari pohonnya yang ditanam pada kantong-kantong plastik.Hal menarik lainnya yang dapat dinikmati para pengunjung di kawasan obyek wisata alam ini adalah setiap tahunnya diadakan acara ritual budaya syukuran yang dilakukan oleh masyarakat sekitar situ patenggang, syukuran ini dilakukan sebagai wujud dari rasa kecintaan dan kepedulian masyarakat terhadap tanah leluhurnya. Kegiatan yang dilakukan biasanya penanaman bibit tanaman di pulau cinta dan penebaran bibit ikan di sekitar kawasan Situ Patenggang.


Situ Patengan atau yang lebih populer di dengar orang dengan nama Situ Patenggang terletak di kaki Gunung Patuha, kabupaten Bandung (Kira-kira 50 km dari ibu kota kabupaten Bandung ke arah selatan). Secara administratif, Situ Patenggang berada di desa Patengan, kecamatan Rancabali, kabupaten Bandung. Situ Patenggang merupakan sebuah objek wisata alam di daerah Bandung Selatan. Berada pada ketinggian 1600 m dari permukaan laut, memiliki panorama yang indah memikat.

Hamparan hijau kebun teh bagaikan karpet alam, ditambah lagi dengan udara yang dingin dan bersih serta pancaran matahari yang hangat, memberikan kesan damai dan tenteram bagi para pengunjungnya sebelum mereka sampai ke Situ Patenggang. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional. Namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata alam.

Rasa lelah yang dirasakan pada saat melakukan perjalanan ke lokasi wisata ini senantiasa akan hilang begitu sampai ke lokasi wisata Situ Patengan. Hamparan air yang luas, dengan sentuhan kabut tipis yang menggantung diatasnya, menambah indahnya suasana Situ (danau). Dengan melihat tenangnya air danau, segarnya udara yang kita hirup, dan sejuknya suasana danau akan membuat kita merasa damai dan bisa melupakan sejenak kepenatan dan stress yang sedang dihadapi.

Untuk menikmati objek wisata Situ Patenggang ini, tersedia fasilitas perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi sebuah pulau kecil yang berada di tengah danau. Pulau tersebut dinamakan Pulau Sasuka. Pulau ini tampak rindang karena ditumbuhi berbagai pepohonan tinggi.

• Legenda dan sejarah Situ Patengan

Dilihat dari etimologi nama Patengan berasal dari pateang-teang (saling mencari), menjadi pateangan (menunjukkan tempat pencarian) hingga akhirnya menjadi Patengan. Sedangkan nama Patenggang artinya adalah terpisah oleh jarak atau kondisi. Namun jika melihat nama desa dimana danau itu berada adalah desa Patengan, kawasan Rancabali. Hingga kini dua nama tersebut tetap dipakai.
indahnya situ patengan patenggang

Legenda atau mitos tentang situ ini muncul disebabkan karena seorang pangeran bernama Ki Santang, keponakan Prabu Siliwangi, menjalin cinta dengan seorang gadis gunung yang sangat jelita bernama Dewi Rengganis. Namun perjalanan cinta tidak semulus dan seindah seperti yang dibayangkan oleh keduanya. Konon, air danau tersebut tercipta dari derai air mata dua insan yang dilanda asmara, bernama Dewi Rengganis dan Raden Indrajaya. Karena asmara yang begitu dalam, keduanya berniat untuk saling mencari (pateang-teangan). Oleh karena itu, kata ”pateangan” akhirnya menjadi nama danau di kaki pegunungan Patuha tersebut. Selanjutnya danau itu dinamai Situ Patenggang. Pada akhirnya mereka dapat berkumpul kembali pada sebuah batu di danau tersebut yang kini diberi nama Batu Cinta. Konon siapapun yang pernah berkunjung dengan pacarnya ke batu tersebut, maka cinta mereka akan abadi.

Lalu mereka menyeberang ke pulau di tengah telaga (yang kini disebut pulau asmara) dan akhirnya bertemu. Di pulau asmara terdapat sebuah batu, lalu mereka saling mengikat janji menjadi suami istri abadi di batu tersebut. Maka penduduk sekitar sampai saat ini menyebut batu tersebut dengan nama Batu Cinta. Pulau Asmara dan Batu Cinta inilah yang akhirnya menjadi tujuan para wisatawan, karena menurut ceritanya, siapapun yang singgah ke Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara maka akan mendapatkan cinta yang abadi.......


Taman Safari, Ciawi, Bogor, Jawa barat.
Liburan ke tempat wisata di Jawa Barat atau berkunjung ke obyek wisata di Jawa Barat merupakan kegiatan traveling yang menarik. Provinsi Jawa Barat adalah salah satu tempat liburan keluarga favorit.


Untuk menambah referensi Anda tentang Wisata Indonesia, yang ada di Jawa barat berikut ini merupakan sebagian dari tempat liburan dan wisata dari obyek wisata yang terdapat di Jawa barat.
Banyak sekali potensi pariwisata di Jawa Barat untuk di kelilingi jika wisatawan ingin liburan ke salah satu provinsi di Indonesia ini. Bandung mendapat sebutan Paris Van Java nya Indonesia. Bogor menjadi pilihan menarik buat orang-orang Jakarta saat weekend. Berikut ini adalah daftar obyek wisata Jawa Barat dan di antara pbyek wisata Jawa Barat tersebut mungkin sudah Anda ketahui :
Kebun Raya Bogor, Jawa Barat
Obyek wisata yang satu ini berisikan aneka tanaman dan cocok untuk keluarga. Dengan lokasi yang mudah di Jangkau karena letaknya di Kota Bogor, tempat obyek wisata di Bogor, Jawa Barat ini sering di kunjungi wisatawan lokal atau mancanegara.
Situ Patengan, Bandung, Jawa Barat
Letaknya yang tidak jauh dari Kota Bandung, Jawa barat, yaitu ada di Kecamatan Rancabali, kurang lebih sekitar 47 km ke arah selatan Kota Bandung. Situ Patengan ini dikelilingi oleh kebun teh Rancabali yang bernama Situ Patengan (Danau Patengan) sehingga hawanya sangat sejuk.
Taman Safari, Ciawi, Bogor, Jawa barat.
Taman Safari Indonesia Bogor terdapat di Cisarua. Sebuah tempat liburan yang asyik untuk seluruh keluarga. Lokasi Taman Safari Indonesia Cisarua Taman indah ini letaknya di Jl. Raya Puncak No.601 , Cisarua Jawa Barat, Bogor, Jawa, Indonesia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More