Pages

Saturday 19 October 2019


10 Masjid Tertua dan Paling Bersejarah di Indonesia



Bukti perkembangan agama Islam di Indonesia adalah dengan adanya masjid bersejarah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Masjid Tertua di Indonesia
Agama Islam masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-11 dan dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India. Sejak saat itulah mulai berkembang agama terbesar di Indonesia ini.

Salah satu bukti berkembangnya agama Islam adalah dengan banyaknya jumlah masjid yang tersebar di Indonesia.Tentu sangat menarik jika berbicara tentang masjid. Karena umat muslim akan melakukan ibadah shalat di masjid - Masjid ini.
Lalu masjid bersejarah apa sajakah yang merupakan masjid tertua di Indonesia.


1. Masjid Tua Palopo Sumber Gambar: Wikipedia

Masjid Tua Palopo didirikan oleh Raja Luwu bernama Sultan Abdullah Matinroe pada tahun 1604, menjadikan Masjid Tua Palopo sebagai salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

Palopo sendiri diambil dari kata dalam bahasa Bugis dan Luwu yang memiliki hubungan dengan proses pembangunan Masjid Tua Palopo. Bangunan ini memiliki luas sebesar 15 meter persegi dan berada di Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

2. Masjid Tua Al-Hilal KatangkaSumber Gambar: Wikipedia

Masjid Tua Al-Hilal Katangka dibangun pada tahun 1603 pada masa pemerintahan Raja Gowa XIV. Katangka adalah jenis pohon yang dulu banyak tumbuh di lingkungan sekitar masjid Tua Al-Hilal.

Masjid Tua Al-Hilal Katangka berlokasi di Katangka, Gowa, Sulawesi Selatan dan merupakan salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

3. Masjid MantinganSumber Gambar: Wikipedia

Masjid tertua dan bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Mantingan yang didirikan oleh Kesultanan Demak pada tahun 1559. Model bangunan masjid Mantingan dikenal unik karena memiliki arsitektur khas China.

Masjid Mantingan berada di Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan, Jepara, Jawa Tengah.

4. Masjid Agung BantenSumber Gambar: Wikipedia

Bagi kamu orang Banten, tentunya tahu tentang salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia yang berada di Banten. Ya, masjid bersejarah itu adalah Masjid Agung Banten. Masjid Agung Banten dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin sekitar tahun 1552.

Salah satu ciri khas dari masjid Agung Banten adalah atap bangunan utama yang bertumpuk lima seperti pagoda China. Masjid Agung Banten terletak di kompleks bangunan masjid tertua di Desa Banten Lama, sekitar 10 kilometer sebelah utara Kota Serang.

5. Masjid Menara KudusSumber Gambar: Wikipedia

Salah satu masjid tertua dan bersejarah yang populer di Indonesia adalah Masjid Menara Kudus yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Masjid Menara Kudus mempunyai bentuk unik karena memiliki menara seperti candi.

Candi tersebut sendiri menggambarkan perpaduan budaya Islam dan Hindu. Masjid bersejarah Menara Kudus terletak di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

6. Masjid Sultan SuriansyahSumber Gambar: Wikipedia

Masjid tertua dan bersejarah di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Sultan Suriansyah. Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada tahun 1526 oleh Raja Banjar pertama di Kalimantan Selatan. Masjid Sultan Suriansyah memiliki arsitektur bergaya tradisional Banjar.

Masjid Sultan Suriansyah terletak di utara Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin.

7. Masjid Agung DemakSumber Gambar: Wikipedia

Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid tertua dan bersejarah terpopuler di Indonesia. Masjid Agung Demak merupakan tempat berkumpulnya para Wali Songo untuk penyebaran agama Islam.

Masjid bersejarah ini didirikan oleh Raden Patah dari Kesultanan Demak sekitar abad 15 atau lebih tepatnya pada tahun 1474. Masjid Agung Demak berada di desa Kauman, Demak, Jawa tengah.

8. Masjid AmpelSumber Gambar: DMI

Masjid Ampel berada di bagian utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Bangunan masjid tertua Ampel memiliki gaya arsitektur Tiongkok dan juga Arab. Masjid Ampel didirikan oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 dan merupakan salah satu masjid tertua dan bersejarah di Indonesia.

9. Masjid WapauweSumber Gambar: Wikipedia

Masjid Wapuauwe adalah masjid tertua dan bersejarah di daerah barat Indonesia yang berdiri sejak tahun 1414 di Maluku dan dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di Maluku pada masa lampau.

Dulunya masjid Wapauwe bernama Masjid Wawane karena dibangun di lereng Gunung Wawane oleh Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha.

10. Masjid Saka TunggalSumber Gambar: Wikipedia

Masjid Saka tunggal merupakan masjid tertua dan bersejarah di Indonesia. Masjid Saka Tunggal dibangun oleh Kyai Mustolih pada tahun 1288. Masjid Saka Tunggal memiliki satu tiang di bagian tengah masjid yang menggambarkan bahwa Allah itu satu.

Masjid bersejarah Saka Tunggal terletak sekitar 30 kilometer dari kota Purwokerto.

Itulah Masjid masjid Peninggalan jaman dahalu yang terkenal di Nusantara ini ,Mungkin ada masjid masjid tua di nusantara yg tersebar di pelosok negeri tetapi tidak terkenal.


Sumber : https://www.tokopedia.com/blog/masjid-tertua-bersejarah-di-indonesia/

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More