Pages

Minggu, 15 Februari 2015

10 Air terjun tercantik di Indonesia

 10 Air terjun tercantik di Indonesia

Salah satu pelajaran ilmu alam semasa SD yang pernah saya terima adalah: air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Jika air itu mengalir jatuh dari suatu ketinggian, nah itulah yang kita kenal sebagai fenomena air terjun. Kita harus bersyukur karena Indonesia menyimpan banyak air terjun yang indah. Klikers, berikut 10 air terjun terindah di Indonesia yang dapat menjadi pilihan destinasi wisata kita:

1. Air Terjun Saluopa, Poso, Sulawesi Tengah

Air Terjun Saluopa
Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa terletak di Desa Leboni, Kecamatan Pamona Pusalemba, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lokasinya kurang lebih berjarak sekitar 12 km sebelah barat kota Tentena. Keindahan air terjun Saluopa ini bukan hanya dikenal oleh wisatawan lokal, namun juga mancanegara. Air terjun Saluopa yang memiliki ketinggian 25 meter ini bersumber dari mata air yang mengalir dari puncak gunung lalu melewati batuan gunung sebanyak 12 tingkatan. Di setiap tingkatnya terdapat tangga yang terbuat dari batu yang menjadi akses bagi wisatawan untuk menuju tingkatan air terjun. Di sekitar air terjun Saluopa terdapat hutan tropis yang dihuni oleh berbagai fauna. Anda dapat mencapai air terjun Saluopa dengan melewati hutan tropis tersebut. Tidak perlu khawatir karena sudah tersedia jalur trekking di dalamnya.

2. Air Terjun Dua Warna, Sibolangit, Sumatera Utara

Air Terjun 2 Warna
Air Terjun 2 Warna

Air Terjun Dua Warna berada di  Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sumber air terjun yang berada pada ketinggian 1270 mdpl ini berasal dari Gunung Sibayak. Dinamakan air terjun dua warna karena airnya memiliki gradasi dua warna yang berbeda, yaitu putih keabu-abuan dan biru muda. Secara ilmiah, perbedaan gradasi warna ini disebabkan kandungan fosfor dan belerang pada airnya. Selain menikmati keindahan air terjun dua warna, di sini para wisatawan pun dapat bermain air, berenang, dan dapat berkemah di dekat air terjun. Namun perlu diingat bahwa air di Air Terjun Dua Warna ini tidak dapat diminum. Untuk memasuki kawasan air terjun, wisatawan akan dipungut bayaran untuk tiket masuk. Para wisatawan pun harus melewati hutan lebat selama 2-3 jam. Tapi tak perlu khawatir karena walaupun jalurnya agak menantang, tapi aman karena diperuntukkan bagi wisatawan. Anda pun dapat meminta jasa pemandu untuk menemani.

3. Air Terjun Mursala, Pulau Mursala, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Air Terjun Mursala
Air Terjun Mursala

Air Terjun Mursala merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia yang airnya langsung jatuh dari tebing ke lautan lepas. Air terjun Mursala terletak di Pulau Mursala yang berada di antara Pulau Sumatera dan Pulau Nias, tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Dengan ketinggian sekitar 35 meter, air yang mengalir pada bebatuan granit yang berwarna hitam kemerahan lalu jatuh tercurah ke permukaan Samudra Hindia dengan suara bergemuruh. Debit air di sini tidak pernah kering sekalipun pada musim kemarau. Di perairan di bawah air terjun, ada berbagai macam terumbu karang dan ikan hias, termasuk terumbu karang yang langka yaitu Coral Reef. Anda dapat menyaksikan keindahan air terjun Mursala ini dengan menyewa kapal dan berlayar di sekitarnya. Serunya, Anda juga dapat ber-snorkeling di perairan di bawah air terjun Mursala ini.

4. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo
Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo yang merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia ini berada di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Kabupatan Konawe ini berada sekitar 60 km dari kota Kendari. Di sini, Anda akan disungguhi pemandangan mengagumkan air yang meluncur deras pada bebatuan granit besar yang tersusun antara 0,5 hingga 3 meter. Air terjun Moramo ini juga memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat dengan jumlah 7 buah undakan air terjun dan 60 undakan kecil yang beberapa di antaranya berupa kolam kecil. Sumber air terjun Moramo ini berasal dari Sungai Biskori dengan hulu di Pegunungan Tambolosu. Di air terjun Moramo ini, Anda pun akan disuguhi pemandangan indah hijaunya panorama alam , suara kicau burung, dan kupu-kupu yang terbang berseliweran. Anda juga dapat menjumpai satwa endemik Sulawasi seperti monyet hitam dan anoa.

5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Obyek wisata air terjun ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air Terjun Sendang Gile berada di ketinggian 600 mdpl dan memiliki tinggi sekitar 31 meter. Air Terjun Sendang Gile memiliki dua tingkatan. Tingkat yang pertama muncul di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya, sedangkan pada tingkatan kedua, air meluncur jatuh membentuk kolam di bawahnya. Masyarakat setempat mempercayai bahwa Air Terjun Sendang Gile ini menjadi tempat mandi para bidadari yang turun ke bumi. Untuk mencapai air terjun ini, Anda perlu sedikit bersusah payah karena Anda harus melalui sekitar dua ratus anak tangga pada ketinggian 40 meter dan melewati sebuah jembatan berlubang yang melalui sebuah lembah. Namun, Anda juga dapat menempuh jalur alternatif dengan menyusuri pinggir lembah yang agak curam mengikuti saluran irigasi dan menyebrangi sebuah jembatan rotan. Klikers mau pilih jalur yang mana? Kok sepertinya keduanya cukup menegangkan, yah? :p

6. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Air Terjun Madakaripura ini merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun dengan ketinggian 620 mdpl ini berbentuk curuk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti hujan yang turun, tiga di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Para pengunjung akan merasa seolah sedang berada dalam sumur raksasa. Air Terjun Madakaripura ini dipercaya sebagai tempat Patih Gajah Mada melakukan meditasi terakhir dalam hidupnya. Air Terjun Madakaripura ini dianggap suci dan dikeramatkan oleh umat Hindu. Untuk mencapai Air Terjun Madakaripura, para pengunjung harus melewati jalanan yang terjal dan licin. Maka sangat disarankan untuk mengenakan sandal gunung yang kuat bila berkunjung ke sini. Dari jarak beberapa meter pun Anda sudah bakalan kecipratan air terjun yang terasa dingin dan lembut. Maka jangan lupa pula untuk membawa jas hujan atau baju ganti.

7. Air Terjun Payakumbuh, Ngarai Harau

Air Terjun Payakumbuh
Air Terjun Payakumbuh

Bukan hanya termasuk salah satu air terjun terindah di Indonesia, Air Terjun Payakumbuh pun termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air Terjun Payakumbuh yang memiliki tinggi 150 meter ini terletak di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi. Ngarai Harau ini merupakan sebuah lembah yang dikeliling tebing-tebing batu granit setinggi ratusan meter dan dihiasi dengan enam buah air terjun yang masih alami. Nah, Air Terjun Payakumbuh terletak di sela-sela perbukitan dan Ngarai Harau dan juga sebuah jurang yang dalam. Air yang jatuh dari Air Terjun Payakumbuh ini mengalir membentuk sungai-sungai berair jernih. Sungguh suatu pemandangan yang sangat indah. Akses untuk menuju Air Terjun Payakumbuh ini tidaklah terlalu sukar. Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam dari kota Bukittinggi atau sekitar setengah jam dari kota Payakumbuh.

8. Air Terjun Benang Kelambu, NTB

Air terjun benang Kelambu
Air terjun benang Kelambu

Air terjun Benang Kelambu berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Air terjun Benang Kelambu berada di bagian atas hulu dari Air Terjun Benang Stokel. Air terjun ini keluar dari sela-sela pohon gambung yang rindang degan enam deret titik air. Airnya yang tercurah dari atas bukit sangat tipis dan lembut, mirip dengan kelambu. Suara jatuhnya air pun tidak terlalu bising. Itulah sebabnya mengapa air terjun ini dinamai Benang Kelambu. Di kawasan air terjun Benang Kelambu ini terdapat dua kelompok air terjun. Tingginya sekitar 40 meter dan memiliki dua atau tiga tingkatan. Dari titik teratas , curahan airnya lalu jatuh ke tingkatan di bawahnya di mana terdapat tiga susunan batu lebar berbentuk ceper. Berkat hantaman batu ceper inilah hantaman air yang jatuh ke bawah tidak terlalu kuat sehingga pengunjung dapat mandi di bawah air terjun. Masyakarat setempat percaya bahwa mandi di air terjun Benang Kelambu ini dapat menjadikan kita awet muda. Apakah Klikers mau membuktikannya?

9. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso juga termasuk salah salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, yaitu mencapai 120 meter. Air terjun ini berlokasi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, tak jauh dari pemukiman penduduk Desa Tongging. Air terjun ini berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan dikelilingi hutan pinus. Air Terjun Sipiso-piso ini menjadi salah satu obyek wisata Sumatra Utara yang digemari wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk mencapai Air Terjun Sipiso-piso, Anda harus menelusuri jalur berupa anak-anak tangga pada punggung bukit. Setelah berjalan sekitar satu jam, Anda akan segera sampai dan dapat menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-piso.

10. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Salah satu air terjun terindah di Indonesia ini terletak di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun Sri Gethuk ini berada di tepi Sungai Oyo dan lahir dari tiga sumber mata air “kedung poh”, “ngandong”, dan “ngumbul”. Ketiga sumber air ini mengalir menjadi satu dan membentuk aliran air yang jatuh dari tebing bebatuan karst. Masyarakat setempat mempercayai bahwa air terjun ini merupakan tempat penyimpanan kethuk (salah satu instrument gamelan) milik Jin Anggo Meduro. Konon pada saat-saat tertentu, warga akan mendengar suara gamelan yang mengalun dari arah air terjun. Untuk dapat mencapai Air Terjun Sri Gethuk, pertama-tama Anda harus melewati hutan kayu putih milik PERHUTANI dan ladang pohon jati. Setelah itu, ada dua pilihan untuk Anda: menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah atau menyusuri Sungai Oyo dengan rakit.
Klikers, itulah 10 air terjun terindah di Indonesia. Untuk dapat mencicipi keindahannya, rata-rata Anda bakalan harus menyiapkan hati dan fisik untuk menempuh medan yang cukup menantang, mulai dari melewati hutan, menyebrangi sungai, hingga melintasi jembatan. Namun semoga hal ini tidak menyurutkan niat Klikers untuk berwisata ke sana. Percayalah, Anda bakalan jauh lebih puas menikmati keindahan 10 air terjun ini dengan mata kepala sendiri dan bukan hanya sekedar memandangi fotonya.

Sumber : http://klikhotel.com/blog

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More