Pages

Wednesday 28 March 2012

Penyelam Lautan Terdalam Dunia

 
BBC INDONESIA James Cameron akan mengeluarkan sebuah dokumenter tentang laut dalam.

Sutradara Hollywood James Cameron menyelam sampai kedalaman 11 km di bawah laut, di Palung Mariana di bagian barat Samudera Pasifik.

Dia melakukan penyelaman seorang diri dengan menggunakan prototipe kapal selam yang disebut "Penantang Laut dalam", dan membutuhkan waktu dua jam untuk mencapai titik terdalam di Bumi itu. Ketika dia mencapai kedalaman 10.898 meter, kata pertama yang diucapkannya adalah, "Seluruh sistem Ok."

Dia membawa kamera dan lampu yang sangat terang sehingga dia dapat merekam gambar di dalam laut.

Ekspedisi ke laut paling dalam ini merupakan yang kedua, setelah ekspedisi yang sama dilakukan tahun 1960. Penyelaman sebelumnya dilakukan Marinir AS, Letnan Don Walsh dan oceanographer dari Swiss Jacques Piccard.

Mereka menghabiskan waktu sekitar 20 menit di dasar laut, tetapi pendaratan mereka mengenai lumpur, sehingga pandangan mereka tidak jelas.

Sebelum menyelam, sutradara film Titanic itu mengatakan kepada BBC, bahwa penyelaman itu merupakan impiannya.

"Saya tumbuh di tengah fiksi sains ketika orang mulai menghidupkan realitas fisik sains," ujar Cameron "Orang pergi ke Bulan dan Cousteau menjelajah samudera. Dan saya tumbuh dengan itu, nilai dari masa kecil saya."

Ambisi menyelam
Kata terakhir Cameron sebelum menyelam adalah, "Bebaskan, bebaskan, bebaskan".
Cameron menghabiskan beberapa tahun terakhir bekerja secara rahasia bersama tim insiyur untuk merancang dan membangun kapal kecil, dengan berat 11 ton dan panjang lebih dari 7 meter.

Dia menggambarkan benda itu sebagai "torpedo vertikal" yang meluncur dengan cepat ke dalam air. Ruang kecil tempat pembuat film itu duduk terbuat dari baja, yang dapat bertahan dengan tekanan 1.000 atmosfer, yang akan dialami di dalam laut.

Sementara material lain dari kapal itu terbuat dari busa sintetik, yang memberikan kemampuan mengapung untuk kembali ke permukaan.

Ruang itu memiliki banyak cahaya dan kamera sehingga mirip dengan studio TV bawah laut - sehingga Cameron dapat menyutradarai dan memfilmkan aksi tersebut.

Dia juga akan mengeluarkan sebuah film dokumenter.

Kapal itu juga memiliki lengan robotik untuk mengambil batu dan tanah, dan seorang tim peneliti bekerja bersama dengan sutradara itu untuk mengidentifikasi spesies baru. Dia mengatakan bahwa sains merupakan tujuan dari misinya.

Jika sukses, ekspedisi yang bernilai jutaan dollar, yang dibiayai sendiri bersama Rolex dan National Geographic, menjadikan Cameron sebagai manusia pertama yang menyelam di laut dalam selama setengah abad terakhir.Tahun 1960, Don Walsh, mantan letnan marinir AS, dan oceanographer Swiss Jacques Piccard membuat penyelaman bersejarah. Don Walsh, yang sekarang berusia 80 tahun , bergabung bersama Cameron dan tim tekniknya dalam misi penyelaman ini. "Dia (James Cameron) merupakan pendongeng dan kembali setelah 50 tahun merupakan cerita yang bagus," kata Walsh. 

                                             Sumber : http://internasional.kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More