Pages

Minggu, 20 November 2011

Katak Raksasa Yang Beracun


Salah satu kelompok lingkungan hidup di Darwin, Australia, menangkap Cane Toad atau katak Bufo Marinus seukuran anak anjing. Bentuk tubuh katak ini seperti bola & beratnya hampir 1 kilogram. Katak ini adalah salah satu katak terbesar yang ditangkap di Australia.

Katak ini sangat besar, walaupun biasanya katak betina yang berukuran lebih besar, katak yang ditemukan ini berkelamin jantan.

Frogwatch, yang bertugas memusnahkan katak beracun & sudah membasmi hewan yang tak terhitung jumlahnya di Australia, menangkap katak sepanjang 15 inch ini saat hujan di danau diluar kota Darwin.

Bufo marinus atau Cane Toad diimpor dari Amerika Selatan pada tahun 1930 karena diharapkan bisa mengatasi kumbang yang menjadi hama tanaman tebu di Australia. Tapi katak yang beracun ini menjadi kesalahan fatal bagi ekosistem Australia yang rentan, membunuh jutaan hewan asli Australia, dari ular hingga buaya kecil yang memakan katak ini.

Sebagai bagian dari proyek “Toad Buster”, Frogwatch melakukan ‘penggerebekan’ reguler di kola kolam setempat, membutakan kodok dengan lampu yang terang kemudian menangkap mereka sekaligus dengan jumlah lusinan. Katak katak ini lalu dibunuh dengan gas karbon dioksida, disimpan di dalam freezer besar dan kemudian katak katak ini diproses untuk dibuat pupuk cair yang menghilangkan racun katak ini. Dan ternyata pupuk ini menjadi pupuk yang sensasional.


Sumber : http://www.satwaunik.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More