Pages

Selasa, 26 Juli 2011

Cangkir Zaman Es di Inggris Dibuat dari Tengkorak Kepala Manusia


Berdasarkan kesimpulan para peneliti, cangkir dari orang-orang zaman es yang ditemukan di Inggris bagian barat daya baru-baru ini, terbuat dari tengkorak kepala manusia. Tulang-tulang ini digali di sebuah gua dan ditemukan contoh cangkir minuman atau wadah yang diketahui paling tua, kata salah seorang tim palaentologis yang dipimpin Silvia Bello dari Museum Sejarah Alam London.
Dengan pengukuran karbon secara alamiah pada fosil tersebut disimpukan bahwa tenggorak itu berusia sekitar 14.700 tahun. Bello dan koleganya melaporkan dalam sebuah makalah yang diterbitkan online 16 Februari 2011 di Plos ONE.
“Penghuni gua (pra-sejarah) membersihkan tengkorak sebelum menggunakan perkakas batu untuk membentuk bagian atas tengkorak kepala tersebut menjadi wadah,” kara Bello..
Dia menduga bahwa orang-orang Britons Zaman Es mengorek tengkorak hingga bolong adalah sejenis ritual. Tulang-tulang manusia lain ditemukan pula di dekat mangkuk kepala yang menunjukkan daging dan sumsum yang telah dibuang, sebuah praktik kanibalisme atau semacam bentuk dari kamar mayat. Kesamaan nyata antara temuan gua dan contoh sejarah cangkir minum dari tenggkorak mendukung pernah terjadi ritual untuk pembuatan wadah di Zaman Es
Sebelumnya, ditemukan pula wadah tengkorak di dua situs Perancis yang diduga berusia atau 15.000 SM hingga 12.000 SM, walaupun temuan tersebut belum dipastikan secara detail berapa usianya.

sumber : yasirmaster.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More