Pages

Minggu, 20 Maret 2011

Pariwisata ( Kalimantan Timur )

 Di kalimantan timur ini terdapat temapt2 wisata yang bagus dan perlu kita kunjungi......
Inilah nama nama dari tempat tempat wisata di Kaltim   ...  marie kita jalan sebentar ketempat tempat ini meski hanya membaca atau yang ingin datang langsung ke sana di persilakan.......hehehehehe


Wisata Tempat Danau Jempang 
Danau Jempang terletak di Kecamatan Jempang dengan luas kurang lebih 15.000 ha, penghasil ikan sungai. Danau Semayang terletak di Desa Semayang dengan luas kurang lebih 11.000 ha juga merupakan penghasil ikan sungai. Wisatawan yang ingin mengunjungi danau teresebut dapat menggunakan kapal sungai (Samarinda - Muara Muntai). Dari Muara Muntai ke Danau Jempang menggunakan perahu ketinting. Panorama yang indah dapat dilihat pada waktu matahari akan terbenam.

Situs sentawar
Situs Sentawar adalah tempat yang keramat karena merupakan tempat peninggalan bersejarah Kerajaan Sentawar yang secara mitologi cikal bakal dayak. Sebuah legenda Kerajaan Sendawar dengan Raja Aji Tullur Jijangkat bersama Permaisuri Mok Manor Bulatn. Raja mempunyai 5 orang putra : Swalas Guna, Jelivan Benak, Naras Guna, Tantan Guna dan Puncan Karna. Pada Abat ke 17 Puncan Karna merantau dan menikah dengan adik kandung Sultan di Tangga Arung. Lokasisitus Sentawar terletak di Kampung Karang Rejo (Sendawar) Kecamatan Barong Tongkok dengan perjalanan dengan mobil menempuh waktu 20 menit dari pusat kota.

Danau Aco
Danau Aco terletak di Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung 20 Km dari pusat kota Sendawar, dapat dijangkau dengan sepeda motor dan mobil. Berjarak 5 Km dari Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung. Danau Aco luasnya 4 Ha. Dikelilingi oleh pepohonan dan buah - buahan di dalamnya terdapat berbagai jenis ikan air tawar seperti Haruan, Sepat Siam, Kreskap, Nila, Lele dan Keong Emas. Yang khas disekeliling Danau Aco terdapat banyak Sayur Jaung yang buahnya untuk dimakan sebagai bahan rujak dan bunganya untuk sayur asam atau sambal. Konon Danau Aco ada legendanya, ribuan tahun yang lalu di puncak Gunung Aco ini terdapat sebuah kampung yang terdiri dari beberapa Lamin Beluq dan Oso diadakan upacara adat Timeq (beliatn Ngugu Tautn). Bluq adalah seorang bapak berhobi berburu disamping pekerjaan sehari - hari berladang. Oso, seorang ibu pawang beliatn saking gembiranya Bluq berburu dapat seekor Lutung (Buus dalam bahasa Tonyoi) dia ambil ekornya yang panjang itu untuk pemukul tambur dan Oso menari beliatn dengan semangat sebagai ungkapan terima kasihnya kepada Bluq yang memberi pemukul tambur yang unik. Semua yang hadir tertawa terpingkal - pingkal melihat peristiwa itu, sehingga terjadilah angin ribut, hujan lebat dan petir guntur bertabu - tabu. Terjadilah kehancuran (Killit dalam bahasa Tonyoi), Oso hancur menjadi danau dan Bluq melarikan diri ke daerah lain, yang mana kemudian dia juga berubah menjadi sebuah batu di sebuah danau di daerah lain yaitu danau Beluq.

Sumber: www.wisata-kutaibarat.com


Air Terjun Inar 
Air Terjun Inar terletak di Kampung Temula Kecamatan Nyuatan. merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Kutai Barat dengan ketinggian 30 m. Jantur itu masih kelihatan alami dengan lumut-lumut yang menempel di batu-batu dan tumbuhan liar disekelilingnya. Untuk melihat keindahan jantur inar pengunjung harus menuruni sekitar 200 anak tangga berjarak 20 cm antara satu sama lain. Jika berada disekitar lokasi pemandian serasa hawa sejuk yang berasal dari hempasan air yang jatuh menerpa bebatuan. Pesona inilahsalah satunya yang menjadi daya tarik dari Jantur Inar. Untuk menuju lokasi ini bisa mengunakan sepada motor atau mobil menempuh jarak 30 km dari pusat kota Sendawar

Pantai Amal
 
Pantai Amal sebenarnya merupakan nama salah satu Kelurahan yang ada di Kecamatan Tarakan Timur, Provinsi Kalimantan Timur atau Kaltim yang terkenal sebagai salah satu sumber minyak terbesar di Indonesia. Obyek wisata ini berjarak 11 km dari pusat kota yang mengandalkan eksotisme pesona Wisata Bahari dan merupakan target alternatif refreshing. Pantai ini tetap ramai dikunjungi meskipun bukan hari libur.

Lembah Hijau
 
Obyek wisata Lembah Hijau merupakan obyek wisata alam, terletak di jalur jalan Samarinda - Bontang 15,5 km dari Samarinda dengan kendaraan mobil atau motor. Atraksi yang terdapat obyek yang bersebelahan dengan pagar alam ini adalah tampilan atraksi yaitu replika hutan yang terdiri dari jenis kayu hutan Kalimantan serta tanaman rotan terdapat di lokasi wisata ini. Selain itu wisata alam ini juga menyuguhkan alam yang mempesona. Fasilitas yang tersedia adalah : cafetaria, pendopo pertemuan dan kolam pancing, camping ground.

Kebun Raya Unmul Samarinda
 
Kebun Raya Unmul – Samarinda atau yang lebih lazim disebut KRUS ini merupakan salah satu diantara beberapa tempat wisata yang ada di kota Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Letaknya di sebelah utara kota Samarinda, sekitar 10 kilometer atau 15 menit perjalanan dengan kendaraan dari pusat kota.

Untuk diketahui areal KRUS ini dulunya adalah areal HPH milik sebuah perusahaan, namun pada tahun 1974 perusahaan tersebut menyerahkan kawasan seluas 300 Ha kepada Rektor Universitas Mulawarman untuk dikelola menjadi hutan konservasi atau kebun raya yang kemudian juga diperkuat oleh Gubernur dan Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur. Pada tahun 1997 Walikota Samarinda juga kembali memperkuat agar kawasan ini dijadikan hutan pendidikan Universitas Mulawarman.

Sejak dikelola oleh Unmul maka kawasan KRUS ini menjadi kawasan riset dan tempat berkumpul civitas akademika Fakultas Kehutanan Unmul, tak sedikit pula masyarakat luas baik dalam maupun luar negeri melakukan aktifitas riset di wilayah ini.

Pada tahun 2001 pihak Pemerintah kota Samarinda dan pihak Universitas Mulawarman kembali mengadakan penandatanganan MoU, kedua belah pihak sepakat untuk menjadikan sebagian wilayah KRUS sekitar 62 Ha untuk dikelola sebagai kawasan wisata.

Di KRUS untuk saat ini terdapat kebun binatang mini, disebut mini karena memang binatangnya masih dalam jumlah terbatas dan dipelihara di dalam kurungan yang berukuran tidak terlalu besar, ada orang utan dan beruang madu yang merupakan binatang khas pulau Kalimantan, kemudian ada rusa sambar, buaya muara, monyet dan lain-lain.

Selain itu di sini juga terdapat danau yang cukup luas, bagi yang ingin berkeliling-keliling danau bisa menyewa sepeda air untuk digunakan bersama keluarga atau teman.

Kalau masih belum puas berkeliling-keliling danau, menyewa andong dan mengitari tempat wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan. Setelah lelah berkeliling-keliling kita bisa beristirahat di warung-warung yang tersebar di area ini atau bisa duduk-duduk santai di gazebo yang ada di berbagai sudut sambil menikmati suasana.
Sumber: www.wisatakaltim.com


Air Terjun Tanah Merah
Lokasi Air Terjun terletak di Dusun Purwosari, Kelurahan Tanah Merah, Samarinda Utara atau sekitar 14 km dari pusat kota Samarinda. Tempat ini tak hanya menawarkan panorama air terjun yang menawan, namun juga dilengkapi beberapa gazebo tempat bersantai, bangku taman yang teduh dengan rimbunan pohon-pohon besar di sekelilingnya, warung, areal parkir kendaraan yang luas, arena bermain anak-anak dan tempat pemandian umum. Tempat ini merupakan pilihan tepat bagi wisata keluarga karena dilengkapi pendopo istirahat, tempat berteduh dengan pohon peneduh di sekitar lokasi, warung, areal parkir kendaraan yang luas, pentas terbuka dan tempat pemandian.

Demi memudahkan pengunjung melihat seluruh pemandangan disekelilingnya, pihak pengelola membangun tangga kayu yang membelah bukit. Sehingga pengunjung lebih leluasa naik-turun bukit tanpa khawatir jatuh terpeleset. Pengunjung Air Terjun Tanah Merah tidak hanya berasal dari Samarinda, tapi ada pula dari Sangata, Bontang, Sebuluh, Tenggarong serta Balikpapan.
Untuk mencapai obyek wisata tersebut, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat serta angkutan umum trayek Pasar Segiri – Sungai Siring.


Wisata Tempat Pulau Kumala

Pulau Kumala merupakan daerah delta di Sungai Mahakam yang memanjang di sebelah Barat Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Dimulai pada tahun 2000, Pulau Kumala dibangun menjadi kawasan wisata. Namun sejak Bupati Syaukani Hasan Rais, yang membangun pulau ini, terjegal kasus korupsi pada tahun 2006, pembangunan Pulau Kumala menjadi mangkrak.

Taman Wisata Pulau Kumala berjarak sekitar 27 km dari Kota Samarinda yang dapat ditempuh melalui Jembatan Kutai Kartanegara dalam waktu kurang lebih 30 menit. Sedangkan dari kota Balikpapan yang memiliki fasilitas Bandara Sepinggan dan Pelabuhan Semayang yang merupakan akses transportasi udara dan laut di Kalimantan Timur, Berjarak sekitar 130 km yang dapat ditempuh kurang lebih 3 jam lewat jalan darat. Selain itu Taman Wisata Pulau Kumala dapat juga dicapai dengan transportasi air melewati Sungai Mahakam.

Obyek wisata Pulau Kumala yang terletak di tengah Sungai Mahakam merupakan taman rekreasi perpaduan antara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 76 hektar ini dulunya adalah lahan tidur dan semak belukar. Saat ini, sebagian area sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan dari udara, kereta api mini area permainan dan kereta gantung yang menghubungkan dengan daratan.

Di pulau ini terdapat DSJ Resort lengkap dengan kolam renang dan sarana bagi mereka yang ingin istirahat, yaitu satu-satunya cottage di tengah Sungai Mahakam di lokasi Pulau ini dipersiapkan Aquarium Raksasa bagi ikan pesut, lumba-lumba air tawar yang hanya ada di Republik Rakyat Cina dan Brasil.
Sumber: www.wikimpedia.org


Dan di Kalimantan Timur ini masih banyak tempat tempat wisata yang lain .......  
Diantaranya :


Penangkaran buaya makroman 
Terletak di desa Pulau Atas, kecamatan Palaran
 Kawasan bukit Bangkirai
Bukit Bangkirai terletak sekitar 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda dan hanya sekitar 58 km dari arah kota Balikpapan serta 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja.
 Waduk Panji Suka Rame
Terletak di kelurahan Panjisuka Rame, Tenggarong

Platarium Jagad Raya Tenggarong
Terletak di Jl.Diponegoro, Tenggarong , Kutai Kartanegara

Teluk Kaba
Teluk Kaba merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Kutai. Dulunya merupakani pusat pengembangan habitat orangutan, monyet, rusa, dan binatang khas Kalimantan lainnya. Keindahan alam berupa pohon-pohon bakau, hutan berpadang rumput, dan hutan hujan dapat disaksikan disini. Wisatawan yang mencintai keindahan alam dapat secara langsung menyaksikan kehidupan satwa seperti orangutan, rusa sambar dan kera. Di tempat ini juga bisa dengan mudah ditemukan kantung semar, yakni tanaman khas Taman Nasional Kutai.

Bontang Kuala
Bontang Kuala terletak di bagian timur Kota Bontang. Jarak kawasan Bontang Kuala sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Bontang.
 Pulau Beras Basah
Pulau Sangalaki
Bukit bangkirai
Pantai Kemala
Taman Bekapai
Taman Lamaru
Pantai Manggar
Taman Nasional Kayan Mentarang
Goa Ampanas Pangadan dan Goa Mardua
Taman Nasional Kutai

wooo...... begithu banyaknya tempat wisatanya  di kalimantan timur ini...... maka dari itu marie kita jaga kelestariannya  dan kita jaga kebersihannya juga  supaya bisa tetap indah sampai anak cucu kita kelak.............

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More