Pages

Jumat, 04 Maret 2011

PARIWISATA , BANTEN

Budaya Banten Seni Kebudayaan Tradisional Daerah Propinsi Banten

Budaya Banten Seni Kebudayaan Tradisional Daerah Propinsi Banten - Mengenal khasanah kebudayaan Banten salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi Banten dulunya adalah bagian dari daerah Provinsi Jawa Barat.

Hampir sebagian besar masyarakat penduduk Banten memeluk agama Islam dengan semangat religius yang tinggi. Salah satu ciri khas dari budaya masyarakat yang ada Banten adalah seni bela diri Pencak silat, serta Debus yang sudah sangat terkenal sebagai salah satu sni tradisional milik Banten. Banten juga memiliki seni Rudad, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor.
Adalah suku Baduy yang merupakan suku asli penduduk Banten. Suku Baduy ini masih terjaga keasliannya dan masih menjaga tradisi anti modernisasi. Mereka masih menggunakan cara tradisional dalam kehidupannya baik cara berpakaian maupun pola hidup lainnya. Suku Baduy terdapat di daerah kawasan Cagar Budaya Pegunungan Kendeng seluas 5.101,85 hektare di daerah Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.
Dalam hal bahasa masyarakat asli Banten berbicara dengan menggunakan dialek yang merupakan turunan dari bahasa Sunda Kuno. Adapaun pembagian dialek tersebut dikelompokkan sebagai bahasa kasar dalam bahasa Sunda modern. Dan ini masih dibagi menjadi beberapa tingkatan dari tingkat halus sampai tingkat kasar (informal).
Banten memiliki Rumah adat yaitu rumah panggung yang atapnya di buat dari daun dan lantainya dibuat dari pelupuh yaitu semacam tumbuhan bambu yang dibelah-belah. Sedangkan untuk dindingnya terbuat dari bilik (gedek). Sebagai bahan penyangga rumah panggung adalah terbuat dari batu yang sudah dibuat sedemikian rupa sampai menjadi berbentuk balok yang ujungnya makin mengecil seperti batu yang digunakan untuk alas menumbuk beras. Rumah adat Banten ini masih dapat di jumapai di daerah yang dihuni oleh orang Kanekes atau disebut juga orang Baduy.

Budaya Banten, Seni Tradisional Banten, Kebudayaan daerah Banten, Seni kebudayaan propinsi Banten, Banten Indonesia.



TEMPAT OBJEK WISATA DI BANTEN

Daftar tempat wisata Banten untuk tujuan liburan. Provinsi Banten merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa, Indonesia. Ada banyak pilihan obyek wisata Banten yang sering di kunjungi wisatawan untuk perjalanan liburan.

Daftar tempat wisata di Banten serta obyek wisata di Banten untuk liburan dan wisata :

Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, Indonesia

Obyek wisata Banten yang bernama Taman Nasional Ujung Kulon ini adalah salah satu taman nasional dan sebagai konservasi alam yang ada di Indonesia. Jika wisatawan datang ke Taman Nasional Ujung Kulon wisatwan dapat menyaksikan keindahan alam berupa hutan tropis. Salah satu daya tarik utama dari Taman Nasional Ujung Kulon ini adalah hewan Badak bercula satu.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke beberapa pulau kecil yang indah, seperti Pulau Peucang, Pulau Handeuleum, dan Pulau Panaitan. Salah satu kelebihan dari taman nasional ini adalah sebagai habitat alami untuk berbagai jenis satwa yang dilindungi oleh negara. Ada beberapa hewan langka yang di lindungi seperti badak jawa, rusa, babi hutan, kucing hutan, kijang, banteng, berbagai primata, lemur, serta berbagai macam jenis burung.

Untuk menuju Taman Nasional Ujung Kulon wisatawan dapat melalui Labuan atau bisa juga melalui jalan laut dengan menggunakan sebuah perahu menuju salah satu pulau yang ada. Untuk melengkapi fasilitas pariwisata Banten beberapa sarana untuk menunjang pariwisata Banten di Taman Nasional ini telah di bangun penginapan, pusat informasi untuk wisatawan, tersedia pemandu wisata, serta sarana transportasi.

Pulau Dua/Pulau Burung

Ketika Wisatawan berlibur ke Pulau ini ada daya tarik utama yang sangat mempesona yaitu keindahan alam laut yang berupa gugusan karang, ada berbagai macam jenis ikan laut. Luas Pulau ini ini sekitar 30 ha. Yang menarik adalah pada setiap tahun antara bulan April dan Agustus, beribu-ribu burung dari berbagai negara mengunjungi pulau ini.

Untuk menuju Pulau Dua wisatawan bisa menggunakan / menyewa perahu tradisional atau perahu motor dan jarak tempuhnya sekitar 15 sampai 30 menit. jalur yang di lalui adalah melalui daerah Sawah Luhur, Kasemen.

Pulau Umang

Banyak hal yang menarik jika wisatawan berlibur ke Pulau Umang. Lokasi Pulau Umang terletak di daerah obyek wisata pantai Pandeglang dan sangat dekat dengan obyek wisata Tanjung Lesung. Di sini sudah banyak tersedia fasilitas untuk liburan karena sudah ada yang mengelola. Tersedia resort, ruang pertemuan, ada kafe, spa, ada pusat bisnis, sunset lounge, klub pantai, serta kolam renang.

Gunung Krakatau

Siapa yang tidak tahu Gunung Krakatau? Gunung Krakatau yang lokasinya ada di perairan selat Sunda antara pulau Jawa dan Pulau Sumatera merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di dunia. Kawasan wisata alam ini sangat mudah jangkau dari pantai Anyer-Carita dan hanya menempuh waktu sekitar satu jam dengan menggunakan perahu motor.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More