Pages

Jumat, 11 Maret 2011

CIRI CIRI PEMIMPIN YANG BAIK

Sebuah pepatah kuno mengatakan bahwa 'manajer melakukan sesuatu dengan benar, pemimpin melakukan sesuatu yang benar.' 
Mempunyai seorang pemimpin adalah hal yang penting dalam sebuah organisasi. 
Ini menyatakan struktur dan setiap bisnis, organisasi dan kelompok memerlukan struktur. 
Istilah menjadi pemimpin yang baik berarti bahwa anda menginspirasi orang lain untuk mengikuti teladanmu. Anda memimpin orang menuju kesuksesan dan anda bertanggung jawab terhadap tindakan-tindakan yang diambil untuk melakukannya. 
Jadi tindakan apa yang harus diambil untuk bisa meraihnya? 
Tidak semua tahu. Seperti biasanya, ketika ada yang memimpin maka yang lain akan mengikuti. Beberapa orang sering mengklaim bahwa ia terlahir untuk menjadi pemimpin, sementara yang lain harus bekerja keras untuk dapat meraihnya.

Kembali ke apa yang membuat seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik; anda perlu memberi inspirasi percaya diri dan memperlihatkan suatu teladan yang baik untuk apa yang ingin dicapai. Seperti yang sebelumnya pernah dikatakan, aturan dasar seorang pemimpin adalah mendapatkan pengikut dan untuk mencapainya anda memerlukan beberapa kualitas tertentu, salah satunya adalah kejujuran. Jika karyawan atau orang yang mendukung anda tidak mempercayai anda maka mereka tidak akan mengikuti anda. Kejujuran adalah cara sempurna untuk membangun kepercayaan, karena tanpa kepercayaan maka anda tidak punya struktur, sehingga tidak punya kepemimpinan.

Pada tingkat atas kejujuran, anda perlu dapat dipercaya. Orang perlu mengetahui bahwa ketika anda berkata ingin melakukan sesuatu, maka kenyataannya adalah anda memang melakukan apa yang anda katakan. Ini akan menolong anda untuk membangun hubungan yang baik dengan orang yang percaya kepada anda, orang yang ingin mengikuti dan yang ingin membantu anda menuju keberhasilan. Jika anda gagal untuk bisa dipercaya, maka anda membiarkan pengikut dan pendukung anda jatuh; mereka akan kehilangan kepercayaan terhadap anda, dan tanpa kepercayaan dari orang yang mempercayai anda maka tidak ada seorangpun yang ingin mengikuti anda.

Kualitas lain yang akan membantu anda untuk meraih bukan saja kesuksesan, tetapi juga kepercayaan orang lain adalah percaya diri dan antusiame. Percaya diri memperlihatkan bahwa anda mempercayai diri sendiri dan apa yang pegang. Jika anda percaya diri dan antusias mengenai apa yang anda lakukan, maka orang disekitar anda besar kemungkinan juga akan percaya diri dan bersemangat. Mereka akan lebih punya kemauan untuk mencari tahu ke arah mana anda membawa mereka, yang mana pada gilirannya akan membuat anda lebih mendukung mereka dan lebih banyak orang yang mau terlibat. Pemimpin yang baik merasa terikat dengan mutu yang baik, yang mana merupakan kualitas pemimpin lainnya. Sebagai seorang pemimpin, anda tidak ingin menjadi yang kedua, anda ingin memelihara standar tinggi di seluruh bidang. Salah satu cara untuk bisa melakukannya adalah dengan mengambil tanggung jawab untuk segala aspek yang terjadi.

Pemimpin yang baik tidak akan melempar kesalahan. Jika seseorang melakukan kesalahan, maka anda akan banyak dihargai jika anda mengaku dan menerima resikonya. Jika anda ingin membuat keputusan maka anda harus mau bertanggung jawab terhadap keputusan itu. Hal yang juga memperlihatkan kerendahan hati adalah anda tidak punya pemikiran bahwa anda merasa lebih baik atau lebih buruk dari anggota tim lainnya. Pemimpin yang rendah hati tidak akan menonjolkan diri sendiri tetapi malahan mencoba untuk mengangkat orang lain. Pemimpin yang rendah hati juga memahami bahwa statusnya tidak boleh membuatnya menjadi seperti dewa.

Yang terakhir adalah fakta bahwa semua pemimpin perlu bersabar. Pastikan anda menyisihkan waktu untuk menjawab pertanyaan orang dan pastikan bahwa orang memahami pesan apa yang anda coba sampaikan. Adalah penting untuk mengklarifikasi hal-hal tertentu jika orang tersebut masih tidak yakin, sebab kalau tidak maka anda akan kehilangan dukungan mereka. Seorang pemimpin harus punya visi yang jelas, gambaran mengenai arah yang mau dituju, memahami seperti apa perusahaan itu nantinya di masa depan dan bagaimana cara untuk mencapainya. Jadi, untuk menjadi pemimpin yang baik anda perlu memperlihatkan kualitas-kualitas seperti yang diatas dan tidak menyimpang jauh dari tujuan utama.
Pertanyaannya:   
Seberapa banyak ciri-ciri ini dimiliki oleh pimimpin anda    ??   
Penulis : Mastudiar Daryus

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More